banner 728x90

11 Napi Dapat Remisi Bebas

banner 468x60

*Sebanyak 271 Napi Dapat Remisi Umum hingga Dasawarsa Dua

TANJUNGPANDAN-Sebanyak 11 narapidana Lapas Kelas IIB Cerucuk mendapat remisi bebas. Mereka dapat kembali menghirup udara segar terhitung sejak 17 Agutustus 2015 kemarin menyusul remisi dari Kementerian Hukum Dan HAM (Kemenkumham) dalam rangka HUT RI ke-70.
Kesebelas narapidan ini adalah, Illia Nora, Kanto, Edward, Roby Cahyadi, Jakfar Sodik, Bagong, Suroso, Basten Silaen, Eddy Pradesa, Moris Pratama dan Sukma. Selain bebas, mereka juga mendapat saku dari pemerintah sebagai biaya pemulangan.
Acara pemberian remisi ini digelar di Lapas Kelas II Cerucuk, Senin (17/8) kemarin. Kegiatan ini dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara, Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus, Kajari Tanjungpandan Nova Elida Saragih dan Kepala Pengadilan Negeri Tanjungpandan Ronald Salnovri.
Selain memberi remisi bebas kepada 11 Narapidana, Lapas kelas IIB Cerucuk juga memberikan remisi umum satu kepada sebanyak 115 Narapidana, remisi umum dua tiga orang, Dasawarsa satu 148 orang dan Dasawarsa dua sebanyak delapan orang.
Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, remisi bukan syarat utama untuk bebas. Namun, dengan adanya remisi ini, narapidana dapat introspeksi diri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
“Sehingga, mereka (Narapidana,red) saat keluar dari Lapas akan berbuat baik dan tidak menggulangi kejahatan yang pernah dia lakukan. Selain itu, remisi adalah hak, setiap Narapidana yang menghuni seluruh Lapas di Indonesia,” katanya.
Ilia Nora salah satu Narapida yang bebas mengaku senang. Sebab, dengan mendapat remisi ini, bisa pulang dan bertemu dengan keluarga serta anaknya. “Alhamdulilah senang. Akhirnya bisa bertemu keluarga,” ujar wanita yang kerap disapa Nora ini.(kin)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: