banner 728x90

2.200 Balita di Gantung Diberi Imunisasi Difteri

banner 468x60

//Tindaklanjut Temuan Kasus Difteri klinis

MANGGAR – Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur melakukan imunisasi serentak bagi anak berusia satu tahun hingga di bawah lima tahun, Kamis (11/1). Tak tanggung-tanggung sekitar 2.200 orang anak di Kecamatan Gantung ditargetkan untuk diimunisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Liatim mengatakan imunisasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari penemuan kasus difteri klinis beberapa waktu lalu. Sasarannya adalah anak balita di Kecamatan Gantung.

banner 300x250

“Yang kita lakukan antara lain Outbreak Respon Imunization (ORI), yaitu melakukan imunisasi ulang tanpa memandang status imunisasi pada anak usia satu hingga di bawah lima tahun,” kata Liatim, Kamis (11/1) lalu.

Didampingi Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan, Feri Boedi Artomo, menambahkan tujuan ke dua, Beek Log Fighting (BLF), yaitu menyempurnakan status imunisasi pada anak usia 1-5 tahun. “Kita memberikan imunisasi pada anak yang belum melakukan imunisasi DPT, baik 1, 2, 3, dan booster DPT HB HIB,” jelasnya.

Liatim menyatakan anggaran untuk pelaksanaan imunisasi semuanya berasal dari APBN Kementerian Kesehatan RI. Seluruh vaksin dan material pendukung didrop dari pusat, Dinkes Beltim hanya menyediakan tenaga.

“Kurang lebih 50 orang kita turunkan, dibagi ke tujuh desa di Kecamatan Gantung. Semuanya berasal dari Dinas Kesehatan dan gabungan puskesmas yang ada di Kabupaten Beltim,” ungkap Liatim.

Feri memperkirakan pemberian imunisasi akan berlangsung selama 7 hari. Di hari pertama ini tim mengunjungi sekolah, TK, PAUD dan posyandu. “Jumlah yang ikut hari ini belum kita rekap. Cuman banyak yang belum datang atau mungkin tidak tahu,” tukas Feri.

Rencananya di hari ke dua besok, Jum’at (12/1) tim gabungan dari Dinkes dan seluruh puskesmas akan melakukan sweeping ke rumah-rumah. Tujuannya agar seluruh balita di Kecamatan Gantung dapat dimunisasi.

“Kalau sosialisasi kita sudah sering, bahkan Selasa (9/1) kemarin kita sudah datang ke Kantor Camat dan Desa. Kita berharap masyarakat dapat sukarela berpartisipasi untuk menjaga kesehatan anaknya,” ujarnya. (Kominfo)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: