banner 728x90

2017, PWI Targetkan Wartawan Babel Sudah UKW

banner 468x60

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Belitung menargetkan seluruh wartawan yang ada di Provinsi Babel sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di tahun 2017 mendatang. Hal ini dilakukan agar wartawan di Babel profesional dan kompeten.

Ketua PWI Babel Faturahman menegaskan, UKW ini merupakan hal yang sangat penting bagi wartawan. Karena hal itu akan membedakan antara wartawan yang profesional dengan wartawan abal-abal.

“Jadi selaku Ketua PWI Babel saya menargetkan di 2017 seluruh wartawan Babel sudah mengikuti UKW dan mulai tahun ini akan kita laksanakan secara bertahap,” ujar Faturahman kepada Babel Pos usai menghadiri UKW yang diselenggarakan PWI Babel, Kamis (9/6/2016) di Gedung Diklat Kabupaten Bangka Tengah.

banner 300x250

Pria yang akrab disapa Boy ini menyebutkan, hingga saat ini pihaknya sudah menggelar UKW di Babel sebanyak tiga kali. Dan dari seluruh tes tersebut PWI Babel sudah meluluskan sedikitnya 32 wartawan.

“Maka dari itu jumlah wartawan yang sudah UKW memang masih sedikit, karena setahu saya jumlah wartawan yang ada di Babel mencapai hingga 300 orang,” katanya.

Pria berambut panjang berkuncir ini pun mengimbau bagi wartawan yang belum memiliki sertifikat uji kompetensi agar bisa mengikuti UKW baik yang digelar perusahaan maupun PWI Babel.

“Karena saya tegaskan lagi UKW ini untuk kepentingan pribadi wartawan itu sendiri. Lucu dong kalau untuk kepentingan ia sendiri harus kompeten tapi dia nggak mau. Harusnya dia berusaha mengkompetenkan dirinya sendiri. Apalagi kompeten ini sudah ditetapkan melalui undang-undang tentang pers,” tegasnya.

Disinggung soal syarat untuk mengikuti UKW, Boy menambahkan persyaratannya cukup mudah. Pertama, peserta haruslah berprofesi sebagai wartawan.

“Nah kedua, yang terpenting wartawan itu harus bekerja di perusahaan media yang memiliki legalitas hukum,” tandasnya. (pas)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: