banner 728x90

3 Terdakwa Korupsi Buku Divonis 1 Tahun

banner 468x60

*Dalam Sidang di Tipikor Pangkalpinang

MANGGAR-Tiga terdakwa kasus korupsi pengadaan buku tahun 2010 Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Susy Damayanti, Ali Imron, dan Yugiarti akhirnya dijatuhkan vonis hukuman pidana penjara selama 1 tahun dan denda sebesar Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Putusan ini dikeluarkan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bangka Belitung, setelah sebelumnya ketiga terdakwa sidang di pengadilan Tipikor Pangkal Pinang. Ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Beltim, Widagdo,SH melalui Jaksa Penuntun Umum (JPU) Kasus Buku Beltim, Bambang SH saat ditemui Belitong Ekspres, Selasa (27/12) kemarin.

banner 300x250

“Ketiga terdakwa Tipikor Kasus Buku sudah dijatuhi hukuman selama 1 tahun, dan denda sebesar Rp.50 juta subsider 2 bulan,” ungkap JPU Kasus Buku Bambang SH, Selasa (27/12) kemarin.

Ditambahkan Bambang, diberitakan sebelumnya, terdakwa kasus buku ini sudah mengembalikan uang atau kerugian negara kurang lebih sebesar Rp 131 Juta sesuai hasil audit BPK RI. Dan uang tersebut sudah dititipkan kepihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Beltim. Namun tetap hukuman pidana dijatuhkan oleh Pengadilan Tipikor Pangkal Pinang.

Vonis yang dijatuhkan pada terdakwa ini berdasarkan surat-surat dalam berkas perkara yang bersangkutan dan mendengar keterangan saksi-saksi, termasuk saski ahli. Selain itu, hakim juga mendengarkan keterangan terdakwa serta memperhatikan barang bukti yang diajukan.

Jadi, mengingat pasal 3 Jo pasal 18 ayat (1) hurup b Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana yang sudah diubah menjadi Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana serta Peraturan lain yang berkaitan dengan perkara yang dimaksud.(feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: