banner 728x90

4 Pasang Balon Akan Jalani Tes Kesehatan

banner 468x60

                         Soni Kurniawan

 

TANJUNGPANDAN – Empat pasang bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Belitung telah melakukan pendaftaran di Kantor KPU Belitung. Setelah proses pendaftaran tersebut, KPU menyampaikan pedoman teknis yang menjadi acuan dalam hal standar kemampuan dan standar pemeriksaan, Kamis (11/1) kemarin. Hal ini sesuai dengan surat keputusan KPWRI No 231, yang menjadi pedoman dalam proses pemeriksaan kesehatan bagi 4 pasang kandidat Pilkada 2018.

banner 300x250

Ketua KPU Belitung Soni Kurniawan mengatakan, dalam rangka pemeriksaan kesehatan pihaknya sudah mempersiapkan beberapa hal jauh-jauh hari. Di antaranya, melakukan rapat koordinasi pembentukan Pokja pemeriksaan dengan melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Belitung dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung.

“Untuk melengkapi standar dan secara umum, di Provinsi Babel belum terbentuk Himpunan Sarjana Psikologi, yang ditunjuk untuk mewakili dalam hal dari sisi pemeriksaan psikologi. Jadi kami menginduk ke Himpsi Sumsel,” ujar Soni kepada Belitong Ekspres.

Soni menjelaskan, sebelumnya tim pemeriksaan sudah melakukan rekomendasi ke RSPAD sebagai pelaksanaan pemeriksaan. Karena, standar yang harus dipenuhi yaitu rumah sakit tipe A. “Hari ini kita melakukan Briefing kepada bakal pasangan calon, kalau besok mereka wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan. Karena pemeriksaan kesehatan di lakukan pada tanggal 12 Januari dan tanggal 13 januari,” katanya.

Soni menambahkan, hasilnya kesehatan tersebut akan menjadi penentu untuk diumumkan dan melanjutkan ke tahapan berikutnya. Sambil pemeriksaan kesehatan berjalan dari seluruh dokumen yang disampaikan, KPU akan melakukan penelitian adminitrasi. Hal itu terkait dokumen yang disampaikan oleh bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut.

“Tanggal 14 januari kita sudah menerima hasil tes kesehatan tersebut kemudian tanggal 16 januari kita langsung sampaikan kepada bakal calon melalu RO-nya. Yang nantinya akan dilanjutkan pada tanggal 12 februari sebagai hari penetapan sebagai pasangan calon menenuhi sarat atau belum memenuhi syarat,” jelas Soni.

Kata Soni, jika pada tanggal 12 februari bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung sudah ditetapkan, barulah pada tanggal 13 februari dilakukan pengundian nomor urut untuk bakal calon bupati dan wakil bupati. (rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: