banner 728x90

6 Makanan ini Bisa Mencegah Stroke

banner 468x60

Tomat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

Makan makanan sehat memiliki manfaat jangka panjang yang bisa membantu Anda agar terhindar dari penyakit kronis seperti gangguan jantung dan stroke.

banner 300x250

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang mampu mencegah datangnya stroke, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (27/9).

1. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan terbaik yang bisa Anda makan untuk jantung Anda, yang juga berarti mengurangi risiko stroke.

Berbagai profesional kesehatan telah memuji pentingnya likopen yang berlimpah di buah warna merah ini.

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang melibatkan lebih dari 1.000 pria, mereka yang memiliki tingkat lycopene tertinggi dalam sistem mereka dari mengonsumsi produk tomat memiliki risiko stroke sebesar 55 persen.

Anda juga tidak perlu makan tomat mentah untuk menuai keuntungan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa tubuh Anda lebih baik menyerap lycopene saat Anda memasak tomat.

2. Seluruh biji-bijian

Biji-bijian utuh dipenuhi nutrisi vital, terutama serat. American Stroke Association merekomendasikan untuk memakan banyak biji-bijian kaya serat untuk membantu menurunkan kolesterol Anda, yang mengurangi risiko stroke Anda. Cobalah jelai, nasi merah, farro atau soba.

3. Kacang dan kacang polong

Kita semua tahu protein penting untuk membangun otot, membantu pemulihan dan menjaga agar tetap kenyang. Tapi banyak di antara kita hanya mengandalkan produk hewani untuk mendapatkan cukup protein.

Jika Anda benar-benar ingin mengurangi kemungkinan terkena stroke, sumber nabati seperti kacang, kacang lentil dan kacang polong adalah pilihan yang lebih baik.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Hypertension yang melibatkan 554 peserta, menemukan bahwa konsumsi kacang polong secara signifikan menurunkan tekanan darah.

4. Telur

Dalam twist yang sangat mengejutkan, telur ternyata dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

Menurut sebuah meta-analisis baru-baru ini, makan satu telur per hari bisa mengurangi risiko stroke sebesar 12 persen.

Penelitian ini melibatkan konsumsi telur utuh juga, artinya Anda tidak perlu takut pada kuning telur.

5. Anggur merah

Sementara tidak ada dokter yang akan meresepkan minuman keras sebagai jalan menuju kesehatan yang lebih baik.

Mengurangi kemungkinan terkena stroke, publikasi Kesehatan Harvard menyarankan anggur merah untuk antioksidannya.

6. Buah jeruk

Bahkan jika Anda tidak bisa menghilangkan kemungkinan terserang flu dengan memakan banyak jeruk, buah ini mungkin bisa menangkal stroke dan masalah jantung lainnya. Ini berlaku untuk semua jenis jeruk. (fny/jpnn)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: