banner 728x90

700 Ribu Bibit Lada Gratis Siap Disalurkan

Rombongan Disbun dan BPBTP Provinsi Jabar, mengunjungi penangkaran pembibitan lada PT Agro Alam Lestari Rabu (19/9).

*Untuk 9 Kelompok Tani di Pulau Belitung

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas lada para petani. Salah satu upaya tersebut dengan program bantuan perluasan kebun lada untuk kelompak tani (Poktan) di Bumi Serumpun Sebalai.

Seperti pada tahun 2018 ini, Dinas Pertanian Babel telah menyiapkan bibit lada berkualitas super kurang lebih sebanyak 700 ribu polibeg. Rencananya bibit akan dibagikan secara gratis kepada sembilan Poktan di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) untuk perluasan 100 hektar kebun lada.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Belitung Yulihenri mengatakan, rencananya bibit lada ini disalurkan pada Oktober dan November mendatang.

Menurut Yulihenri, rencana penyaluran tinggal menunggu bibit lada sudah disertifikasi pelabelan oleh Balai Penelitian dan Sertifikasi Mutu Benih (BPSMB) Pangkalpinang. Setelah itu baru disalurkan ke kesembilan Poktan.

“Pembagiannya nanti langsung ke titik bagi yaitu poktan masing masing,” ujarnya usai menerima kunjungan kerja rombongan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Rabu (19/9).

Ia menjelaskan pengadaan bibit lada bekerjasama dengan PT Agro Alam Lestari. Perusahaan ini satu-satunya di Pulau Belitung yang mempunyai bibit lada bersertifikasi dari Kementerian Pertanian RI.

Penangkaran pembibitan lada yang terletak di Dusun Air Mungkui Desa Buluh Tumbang, Kecamatan Tanjungpandan itu, sudah berjalan kurang lebih satu tahun. Untuk luasnya sekitar 2,2 hektar.

“Untuk teknis penyaluran sudah ada kontraknya dengan PT Agro Alam Lestari, pemenang pelelangan di ULP Pangkalpinang,” tandas Yulihenri. (yud)

Related Search

Tags:
author

Author: