banner 728x90

Agel Cs Tangkap Ular Sabak Betina

banner 468x60

* Panjang 7 Meter, Ditangkap 7 Petani, Sudah Lahap 7 Anjing

babel-edisi-januari-2017-ular

Ular sabak yang berhasil ditangkap.

ULAR Sabak sepanjang 7 meter berhasil ditangkap oleh 7 orang petani lada di Jalan Tanjung Timur, kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel).  Ular sabak ini ditangkap Agel (30) warga Desa Gadung Toboali bersama 6 orang rekannya sesama petani lada pada Senin (2/1/2017) malam lalu sekitar pukul 19:00 Wib.

banner 300x250

SAAT ditemui Babel Pos, Selasa (3/1) malam dikediamannya, Agel menjelaskan ular sabak betinaenis kelamin BETINA wanita ini sepanjang 7 meter dan beratnya 70 kilogram lebih.

“Malem Selaso kemarin ku dan kawan-kawan nangkep ular ni di Jalan Tanjung Timur saat kami pulang dari kebon. Awal e kami cuma ngeliat kepale ular yang mengarah ke tepi jalan. Kami orang 7 nangkep ular ni dan sempet terjadi perlawanan saat proses penangkapan,” kata Agel.

Ular sabak ini, lanjut Agel, sudah 5 bulan menjadi incaran para petani lada di Tanjung Timur. Karena, sering memakan ayam, bebek dan anjing peliharaan di kebun.

“Lah 5 bulan ni kami ngincer e tapi dak pernah ketemu. Lah bermacem care sampai-sampai kami perepas, kami kasih umpan ayam, bebek dan anjing tapi dak pakai dapet lah. Lah ade sekitar puluhan ekor ayam dan bebek di makan ular ni dan 7 ekor anjing,” jelas Agel yang mengaku sudah bertahun-tahun berkebun lada di Tanjung Timur, namun baru kali ini melihat ular sabak sepanjang 7 meter dengan berat mencapai 70 kilogram lebih.

Selain itu, pihaknya pun mengaku sudah tiga kali bersama rekan-rekannya sesama petani lada menangkap ular sabak di Jalan Tanjung Timur.

“Lah tige kali ku dan kawan-kawan nangkep ular sabak di Jalan Tanjung Timur. Tangkapan yang ketige ni yang paling besar, takut lah, ngeri lah karena ular ni ngelawan,” jelas Agel.

Ular sabak hasil tangkapan Agel bersama kawan-kawannya ini menjadi tontonan warga Desa Gadung baik anak-anak, maupun orang tua. Ular sabak ini diletakan Agel dihalaman depan rumahnya dengan dipasang lakban (Solasi_red) dibagian kepala ular.

“Ular ni agik hidup. Ku tutup pakai lakban solasi putih dibagian kepale ular biar dak liar dan dak ganggu orang,” kata Agel menambahkan untuk sementara ini ular sabak yang mereka tangkap itu akan dipeliharanya.

“Ku pelihara lah duluk untuk sementara ni. Tapi kalau ade yang nek beli dan harganya cocok ku jual, ade dak orang yang nek beli,” ujarnya menjelaskan bahwa pihaknya menangkap ular sabak sepanjang 7 meter dibantu oleh 3 orang perempuan dan 3 orang laki-laki rekannya sesama petani lada di Tanjung Timur, Toboali.

“Ular ini awalnya cuma ku dan dua orang kawan yang nangkep, tapi kami dak mampu karena ular melawan sehingga dibantu oleh kawan-kawan lain. Ade tige orang bini dan empat orang laki-laki yang nangkep ular ni. Kami tangkep pakai tangan, ku megang dibagian kepala ular dan kawan-kawan yang lain megang buntut dan badan ular,” jelas Agel.

Nah, begitu ular terlihat lemas kemudian langsung mereka masukan ke dalam karung berwarna putih yang berukuran besar.

“Lihat kondisi ular sudah lemas kemudian kami masukan ke dalam karung yang memang sudah kami siapkan. Setelah itu kami letakan di ragak (keranjang_red) dan saya angkut pakai motor ke rumah,” kata Agel sembari menunjukan karung yang berwarna putih.

“Karung ini full, seluruh badan ular masuk semua, tidak ada mimpi apapun sebelum nangkap ular ini. Kita memang sudah lama mengincarnya karena ayam, bebek dan anjing di kebun habis di makan sama ular ini, warga resah,” ujar Agel menambahkan proses penangkapan ular sabak sepanjang 7 meter dan berat 70 kilogram lebih ini hampir satu jam lebih lamanya.

“Kita sempat bergelut dengan ular ini hampir satu jam lamanya. Tapi begitu kepalanya sudah kita pegang, ular diam dan lemas karena kekuatannya itu ada dibagian kepala,” tuturnya seraya menegaskan bahwa sebelumnya mereka pernah menangkap ular sabak sepanjang 6 meter di Tanjung Timur, Toboali, ucap Agel seorang petani lada yang memiliki satu orang anak yang masih kecil.(tom)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: