banner 728x90

Agustus Hingga September 2017, BPS Lakukan SE 2016 Lanjutan

banner 468x60

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kabupaten Belitung Timur (Beltim) saat ini sedang melakukan Sensus Ekonomi (SE) 2016 lanjutan, Agustus hingga September 2017. Pendataan berfokus pada UMK dan UMB yang ada di Kabupaten Beltim.

SE 2016 lanjutan yang dilakukan petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Beltim merupakan bagian dari fondasi bagi pengukuran kegiatan usaha di Indonesia. Melalui SE 2016, ada beberapa informasi yang diharapkan terkumpul dan menjadi bahan evaluasi bagi keberlangsungan usaha.

banner 300x250

Di antaranya, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, mengetahui karakteristik usaha di Indonesia dan mengetahui daya saing bisnis di Indonesia.

Kepala BPS Kabupaten Beltim Oktarizal yang ditemui wartawan Belitong Ekspres beberapa waktu lalu menyatakan kegiatan SE 2016 telah disampaikan kepada Pemerintah daerah jauh sebelum pelaksanaan. “Kami sudah sampaikan dalam rapat bersama pak Bupati beberapa waktu lalu,” ujar Oktarizal, baru-baru ini.

SE 2016 mengambil beberapa responden sebagai indikator yang dapat diuji dan menggambarkan secara umum tentang pendataan UMK dan UMB. Antara lain perusahaan, pemerintah, rumah tangga dan lembaga non profit.

“Ada restoran, supermarket, hotel, bank, jasa konstruksi, pabrik dan lain-lain. Pemerintah itu misalnya sekolah, rumah sakit dan panti asuhan. Ada usaha online, sektor non formal, tempat ibadah, organisasi sosial/politik serta organisasi kemasyarakatan,” jelas Okta.

Melalui pelaksanaan pendataan UMK dan UMB SE 2016 akan diperoleh beberapa hal. Antara lain, pemetaan potensi ekonomi menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha, benchmarking PBD/PDRB, ketenagakerjaan dan lain-lain.

Tersedianya sampling frame untuk berbagai kegiatan survei di bidang ekonomi serta terbangunnya basis data dan benchmark updating integrated business register (IBR).

Selain itu, didapat pula karakteristik usaha menurut skala usaha, karakteristik usaha unik, pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah dan tinjauan prospek bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia.”Kegiatan ini serentak di seluruh wilayah Indonesia,” sebut Okta.

Pencacahan atau sensus akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia meliputi 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. (msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: