banner 728x90

Aktivitas TI Mencemari Sumber Aik Baku PDAM

Ilustrasi

//Aparat Penegak Hukum Diminta Bertindak

TANJUNGPANDAN – Sumber Air Baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Belitung diduga telah tercemar oleh aktifitas Tambang Inkonfensional (TI). Akibat sejumlah masyarakat mengeluhkan kualitas dari air PDAM tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Belitung Agung Maitreyawira mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa beberapa hari terakhir, kualitas air PDAM sudah tidak layak untuk di pakai.

Hal itu pun menimbulkan kegelisahan di masyarakat terutama dari para pelanggan PDAM. Apalagi di saat pasca musim kemarau seperti sekarang ini, di mana sarana air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Buruknya kwalitas air baku PDAM tersebut diduga akibat dari aktifitas Tambang Inkonfensional (TI) di sekitar area air baku PDAM di Aik Serkuk Kecamatan Tanjungpandan,” kata Agung kepada Belitong Ekspres, Selasa (4/9).

Agung melanjutkan, berdasarkan keterangan dari kepala PDAM persolan tambang tersebut sudah pernah disampaikan ke pihak Polres Belitung, Satpol PP dan juga Bupati Belitung.

“Keluhan dari Kepala PDAM tersebut mungkin sudah ditindak lanjuti akibatnya aktifitas dari tambang tersebut sudah tidak tampak, namun efek dari tambang tersebut masih terasa dengan kotornya air PDAM,” katanya.

Meski begitu Agung menduga, aktifitas Tambang Inkonvensional tersebut masih beroperasi pada malam atau subuh dini hari. Oleh sebab itu, dirinya menyarankan agar masyarakat atau warga sekitar melihat atau mendengar aktifitas dari tambang dan dan melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

“Permasalahan ini harus cepat diselesaikan. Kita minta kepada aparat penegak hukum untuk mengawasi daerah di sekitar lokasi air baku PDAM terrsebut. Harus menjaga bersama karena air bersih untuk kebutuhan orang ramai,” pinta fraksi Partai Nasdem ini. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: