banner 728x90

Amankan Wilayah, Polda Buat Posko

Kapolda Babel Drs Istiono dan Bupati Belitung Sahani Saleh saat meletakan pelampung suar, di Perairan Selat Nasik, Senin (8/7) kemarin.

Kapolda Babel Drs Istiono dan Bupati Belitung Sahani Saleh saat meletakan pelampung suar, di Perairan Selat Nasik, Senin (8/7) kemarin.

Belitung Jadi Poros Maritim Dunia
Keamanan Harus Lebih Diperketat

iklan swissbell

belitongekspres.co.id, cSELAT NASIK – Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membuat posko keamanan di Kecamatan Selat Nasik. Untuk menandai dimulainya pengamanan, Kapolda Babel Brigjen Pol Drs Istiono dan Bupati Belitung, Sahani Saleh meletakkan Pelampung Suar, Perairan Selat Nasik, Senin (8/7) kemarin.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemanan di perairan Pulau Belitung. Apalagi, kawasan Pulau Mendanau itu merupakan perlintasan tol laut Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah tidak ingin kecolongan.

Bupati Belitung HSahani Saleh mengatakan, setelah ditetapkan Negeri Laskar Pelangi sebagai poros maritim dunia, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan. Khususnya dalam hal pengamanan.

“Kita bisa lihat sendiri perlintasan kapal-kapal. Untuk mengatisipasi terjadinya ilegal fishing, maupun Ilegal oil kita harus memiliki pengamanan yang ketat,” ujar Bupati Belitung Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres.

Rencananya dalam waktu dekat ini, pos pantau yang berada di Selat Nasik akan selesai. Untuk petugas keamanan melibatkan unsur TNI dan Polri. Dengan adanya pengamanan tersebut diharapkan, kondisi perairan Belitung tetap aman.

“Belitung sudah dicanangkan sebagai poros maritim dunia. Jadi pengamanan harus diperketat. Jangan sampai ada transaksi-transaksi kriminal di kawasan ini (Selat Nasik,red),” ujar orang nomor satu di Belitung.

Sementara itu, Kapolda Bangka Belitung (Babel) Brigjen Pol Drs Istiono mengatakan, dari pantauannya kondisi perairan di Belitung masih kondusif. Menurutnya, belum ditemukan adanya hal-hal yang mencurigakan.

Misalnya kriminalitas di laut. Untuk mencegah kekhawatiran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, makanya Polda Babel membuat pos pantau. Dalam pos pengamanan ini melibatkan TNI Polri.

“Untuk pola pengamanannya akan digunakan sistem piket. Saat piket tetap melibatkan TNI Polri. Mereka juga akan memantau wilayah untuk memastikan lokasi aman,” kata Brigjen Istiono. (kin)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: