banner 728x90

Atlet Terbaik Babel Terus Digembleng


Kadisdik Provinsi Babel M. Saleh menyerahkan piala ke para pemenang O2SD dan SMP tingkat Provinsi Babel.

//Hadapi 02SN Tingkat Nasional di Yogyakarta

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Kadisdik) M. Saleh, Sabtu (4/8/2018) resmi menutup Olimpiade olahraga siswa Nasional (O2SN) jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) tingkat provinsi Bangka Belitung tahun 2018. Acara yang digelar di salah satu hotel Pangkalpinang, dihadiri seluruh peserta O2Sn.

Pada pelaksanaan O2SN tahun 2018, untuk jenjang SD ada 5 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, Yakni Atletik, renang, bulutangkis, karate, dan pencak silat. Untuk jenjang SMP sendiri ada 6 Yakni Atletik, renang, bulutangkis, karate, dan pencak silat, dan Senam.

Kota Pangkalpinang keluar menjadi juara umum jenjang SMP dengan perolehan 20 mendali yang terdiri dari 10 emas, 4 perak dan 6 perunggu. Sementara di peringkat kedua ada Kabupaten Bangka dengan perolehan mendali 6 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. di di tempat ketiga di isi oleh kabupaten belitung dengan perolehan 4 emas, 7 perak, 1 perunggu.

Sedangkan untuk jenjang SD, Kabupaten Bangka berhasil keluar jadi juara umum dengan perolehan mendali 7 emas, 10 perak, 6 perunggu. Di posisi kedua dan ketiga di ditempati Kabupaten Belitung dan Belitung timur.

Pada kesempatan ini M. Saleh memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh atlet yang telah berpartisipasi dalam ajang O2SN tingkat Provinsi. “Kalian adalah atlet yang berprestasi sudah terpilih mewakili sekolah kabupaten kota kalian adalah para juara,” ujar saleh.

Ia meminta kepada seluruh atlet yang belum memperoleh hasil maksimal untuk tidak berkecil hati. karena kesempatan untuk berprestasi masih terbuka lebar.

“Yang belum berprestasi jangan berkecil hati, terus tingkatkan latihan nya. mudah-mudahan di ajang berikutnya bisa memperoleh juara,” ucap Saleh.

Ditambahkan Saleh, kedepan pihaknya sedang merencanakan agar pelaksanaan O2SN tingkat Provinsi bisa dilaksanakan serentak oleh seluruh jenjang baik SD, SMP, dan SMA serta SMK. Agar pelaksanaan O2SN tingkat Provinsi tidak terkesan terkotak-kotak.

“Sebenarnya kemarin kita sudah merencanakan untuk melaksanakan O2SN ini serempak. tapi karena ada kendala maka kita tunda, insyaallah tahun depan kita laksanakan serempak biar tidak terkotak-kotak seperti sekarang,” imbuhnya.

Saleh berharap prestasi yang dicapai oleh para atlet ini bisa memberikan yang terbaik untuk Bangka Belitung di tingkat Nasional.

“Harapan kita tentu hasil yang dicapai hari ini bisa membawa harum nama babel di tingkat Nasional,”pungkasnya.

Wakili Babel

Sementara itu, sejumlah atlet terbaik asal Bangka Belitung akan diberangkatan untuk mengikuti O2SN tingkat Nasional yang akan di gelar di Yogyakarta pada September mendatang. Sebanyak 12 atlet Jenjang SD dan 10 Atlet jenjang SMP akan mewakili Bangka Belitung di ajang O2SN tingkat nasional.

untuk itu, Saleh mengingatkan kepada seluruh atlet yang akan mewakili Bangka Belitung pada O2SN tingkat Nasional, agar tidak larut atas prestasi yang diraih saat ini. karena tantangan akan lebih besar saat berada di level Nasional.

“Khususnya yang akan mewakili duta babel dalam olahraga, tolong persiapkan diri sebaik-baiknya. waktu masih kurang lebih sebulan untuk berlatih karena tingkat nasional pesaing jauh lebih berat mereka semua sama untuk meraih juara,” kata saleh.

Tentunya, pemerintah provinsi Bangka Belitung menargetkan untuk berada posisi yang baik, ketimbang pada tahun sebelumnya.

Untuk itu, Saleh meminta kepada seluruh para pelatih dan pendamping agar fokus dalam membina para atletnya. agar pada saat pelaksanaan O2SN nasional atlet babel mampu menunjukkan kualitas, bukan sekedar hanya jadi penggembira pertandingan saja.

“Harus diakui kompetisi akan lebih ketat lagi, maka saya minta kepada pelatih dan pendamping untuk fokus melatih para atletnya. biar kita bisa buktikan kualitas atlet kita, bukan sekedar jadi penggembira saja,” kata Saleh.

Pada O2SN mendatang, tampaknya bangka Belitung masih mengandalkan cabang olahraga Atletik sebagai penyumbang mendali terbanyak, diikuti pencak silat, dan karate. akan tetapi, menurut bukan tidak mungkin Cabor lain nya bisa menyumbangkan mendali bagi babel. “Ketiganya ini jadi prioritas, tapi bukan tidak mungkin cabor lain bisa menyumbangkan mendali,” kata Saleh.

Maka, lanjut Saleh, perlu ada keterlibatan dari Pengurus Besar (Pb) cabang olahraga di Babel, untuk meningkatkan kualitas atlit di Bangka Belitung.

“Makanya perlu ada keterlibatan PB masing-masing cabor. ini jugakan kita menyiapkan para atlet di usia dini agar dikemudian hari bisa menjadi atlet profesional,” tukasnya. (mg01)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: