banner 728x90

Awas Minyak Goreng Kadaluarsa !!! 22.193,44 Liter Minyak Goreng Disita

banner 468x60

WARNING bagi ibu-ibu. Polda Bangka Belitung (Babel), melalui Subdit Indag, Direskrimsus, mengungkap keberadaan minyak goreng (Migor) kadaluarsa yang dikemas ulang menjadi migor curah.

Jumpa pers kasus minyak goreng kadaluarsa yang digelar bersama Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Johan dan Kapolda Brigjen Anton Wahono sore kemarin.

belitongekspres.co.id, Ini terkuak dalam jumpa pers yang digelar bersama Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Johan dan Kapolda Brigjen Anton Wahono sore kemarin di tempat kejadian perkara (TKP) di kawasan gudang milik PT Nusantara Jaya Sejahtera Makmur, Selindung, (Samping Perum Greenland) kota Pangkalpinang. (11/8).

banner 300x250

Dikatakan Anton, pihaknya telah menyita minyak goreng kadaluarsa sebanyak 22.193,44 liter. General manager PT Nusantara Jaya Sejahtera, Handry Solichin als Handry (45) telah ditetapkan tersangka.

Untuk modus diungkapkan Anton minyak goreng kemasan merk Hemart dan Fitri yang sudah kadaluarsa dalam kemasan kantong plastik 1/4 liter dan 1 liter diambil isinya. Kemudian disaring menggunakan kain kassa, selanjutnya minyak goreng dikemas dan dimasukkan ke dalam jeriken ukuran 5 liter. Usai itu langsung dipasarkan kembali ke konsumen.

Adapun alat yang digunakan kata Anton untuk mengemas ulang itu berupa 22 jerigen kosong ukuran 5 liter, 1 corong, 1 saringan, 1 lembar kain kasa, drum, baskom, 7 karung plastik bekas minyak goreng Hemart dan Fitri.

“Minyak goreng itu (kadaluarsa.red) yang dikemas kembali lalu dijualkan lagi ke toko-toko,penjual gorengan dan pecel lele. Harusnya minyak goreng ini tidak boleh lagi dipasarkan. Ini sangat membahayakan jika beredar dan dikonsumsi masyarakat bisa kena kanker,” ujarnya.

Tersangka dijerat dengan pasal 139 jo pasal 84 ayat (1) UU RI nomor 18 tahun 2012 (ancaman pidana 5 tahun denda Rp 10milyar) dan pasal 62 ayat (1) jo pasal 8 ayat (1) huruf d UU RI nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (ancaman maksimal 5 tahun dengan maksimal Rp 2 milyar).

Izin Dicabut

Senada, Erzadi Rosman Johan berjanji akan mencabut izin operasional PT Nusantara Jaya Sejahtera hingga adanya putusan hukum nantinya. Tidak cukup disitu Erzaldi mengingatkan agar tidak ada lagi usaha-usaha serupa dan melanggar hukum di seluruh Babel. “Saya tidak berharap adanya kejahatan seperti ini lagi. Ini sangat merugikan masyarakat, karena bila masyarakat mengkonsumsi tentu sangat membahayakan kesehatan,” ucap Erzaldi.

Erzaldi juga mengharapkan masyarakat tidak perlu panik dengan adanya kejahatan seperti ini. Menurutnya masyarakat selaku konsumen harus jeli bilamana akan membeli produk pangan seperti minyak goring. “Lihat sudah kadaluarsa belum. Jika sudah jangan dibeli, dan laporkan agar konsumen tidak dirugikan,” ingatnya.(eza)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: