banner 728x90

Awass!! Sungai di Bateng Tidak Bisa Untuk Mandi dan Konsumsi

banner 468x60

*Hasil Uji Sample DLH

FOTO A- lepas sungai siburik kotor..

ilustrasi. Foto : dok belitongekspres.co.id

KOBA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Tengah merilis hasil uji sample terhadap sungai-sungai di Bangka Tengah (Bateng). Hasilnya, sungai-sungai di daerah direkomendasikan tidak bisa digunakan untuk konsumsi dan mandi.

banner 300x250

Demikian hasil rilis uji sample yang diutarakan Kepala DLH Bangka Tengah, Ali Imran. Dikatakannya, terdapat 23 titik uji sample di daerah ini yang dilakukan pengujian. Hanya saja, 23 titik uji sample ini dilakukan bukan di 23 sungai, karena setiap sungai bisa dilakukan tiga uji sample atau beberapa sample.  “Untuk setiap sungai, sample-nya bervariatif jumlahnya dan bisa diambil beberapa sungai,” ujarnya kepada Babel Pos saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (07/06).

Diungkapkan Ali, uji sample ini dilakukan untuk mengecek kandungan-kandungan yang terdapat di sungai tersebut, seperti kandungan pH, BOD, TOD dan TSS. Namun, ada juga yang diuji untuk 8 parameter, yakni pH, BOD, COD, logam Cu, Cn, Pb dan Cd minyak dan lembak.  “Kesimpulan dari uji sample ini, air sungai di Bangka Tengah masuk dalam kelas 3 dan 4, yakni untuk budidaya,” ungkapnya.

“Maksudnya, air sungai hanya bisa untuk menyiram tanaman dan menghidupkan ikan. Namun, tidak bisa dikonsumsi dan untuk mandi. Karena kandungan BOD-nya tinggi yang dikhawatirkan bisa menyebabkan badan gatal-gatal,” sambungnya.

Kendati demikian, menurut Ali uji sample ini tidak bisa digunakan sebagai dasar untuk mengeneralisasikan kondisi sungai di seluruh wilayah Bangka Tengah. Sebab, tidak semua sungai dilakukan uji sample.  “Uji sample ini kita lakukan terhadap sungai-sungai yang kita anggap terjadi pencemaran, seperti Sungai Selan,” terangnya.

“Untuk pelaksanaannya, uji sample ini kita lakukan dua dalam setahun. Untuk hasil yang kita rekomendasikan ini merupakan hasil uji tahap pertama di tahun 2017 ini,” tambahnya.  (obh)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: