banner 728x90

Babel Harus Punya Perda Penataan Kawasan Pesisir

banner 468x60

PANGKALPINANG- Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Antonius Uston mengatakan, Babel sudah saatnya memiliki Peraturan Daerah (Perda) Tentang Penataan Kawasan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Perda itu dalamnya memuat pengaturan zonasi laut dari 0 hingga 12 mil.

Dengan adanya perda ini kata Antonius, dapat menghindari terjadi komplik di tengah masyarakat. Kemudian perda tersebut akan mempertegas kawasan pertambangan, pariwisata, kelautan maupun kawasan strategis bagi nelayan. “Sudah saatnya kita memiliki perda yang mengatur masalah Penataan Kawasan Pesisir dan Pukau-pulau ini yang di dalamnya mengatur zonasi laut,” kata Antonius, Senin (17/10).

banner 300x250

Lebih lanjut Antonius menjelaskan, dengan adanya perda tersebut maka ada konsekuensi hukum kawasan pesisir hingga sekian mil laut. Jika ada aktivitas di zona laut yang tidak sesuai dengan perda maka bisa dipidanakan. “Selama inikan tidak jelas dan menimbulkan komplik seperti kawasan tambang, pariwisata, kelauatan dan kawasan strategis bagi nelayan. Dengan adanya perda ini jika tidak sesuai dengan perda maka bisa dipidanakan begitu juga dengan izin yang tidak seuai dengan Perda maka harus ditinjau kembali,” terangnya.

Antonius mencontohkan, adanya penolakan dari warga mengenai aktivitas pertambangan laut, namun oleh kepala daerah tidak bisa mencabut izin pertambangan tersebut dengan alasan izin tersebut dikeluarkan oleh kepala daerah sebelumnya. Maka dengan adanya perda ini kepala daerah bisa mencabut izin pertambangan tersebut.

“Selama ini ada penolakan terhadap pertambangan tapi kepala daerah tidak bisa mencabut izinnya, karena sudah ada izin oleh kepala daerah sebelumnya. Dengan adanya perda ini tidak ada alasan lagi kepala daerah menolak dan mencabut izin pertambangan tersebut dan kita harapkan 2017 perda ini sudah ada,” pungkasnya.(iam)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: