banner 728x90

Bacakan Cerita Anak 10 Menit Setiap Hari

banner 468x60

*Himbauan IPJI Babel Untuk Meningkatkan Minat Baca

Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Propinsi Kepulauan Bangka Belitung mencanangkan gerakan membaca cerita untuk anak-anak selama 10 menit. Gerakan ini meningkatkan budaya literasi bangsa melalui membaca cerita.

Budaya literasi merupakan sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan  yang terdapat dalam pikiran manusia. Secara sederhana, budaya literasi dapat didefinisikan sebagai kemampuan menulis dan membaca masyarakat di suatu negara.

banner 300x250

Harus diakui, sampai saat ini budaya literasi di Indonesia masih belum begitu baik, berdasarkan hasil study UNESCO pada 2013 yang lalu, minat baca di Indonesia hanya 1:1000 orang.

Begitupun hasil BPS pada tahun 2013, orang Indonesia paling gemar menonton televisi yakni 91,68 persen, kemudian membaca surat kabar hanya 17,6 persen. “Memang kerja yang cukup berat untuk dapat meningkatkan dan mendorong minat akan literasi pada anak,” ujar Feriyandi, Ketua IPJI Babel & Presiden KOPI Indonesia.

Untuk meningkatkan budaya literasi ini, salah satu caranya adalah dengan menumbuhkan minat baca sedini mungkin.
Maka gerakan 10 menit membacakan cerita pada anak diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi sejak dini.

Gerakan ini merupakan anjuran agar orang tua membiasakan anak-anak untuk membaca buku setiap hari selama 10 menit, ataupun orang tua dapat membacakan cerita untuk anaknya sekitar 10 menit.

Dengan peran orang tua yang rutin membacakan buku untuk anak tiap harinya diharapkan mempunya efek yang luar biasa pada perkembangan otak dan keoribadian anak.
Untuk itu gerakan ini saya rasa sangat tepat membiasakan anak membaca dan menulis. Disinilah peran orang tua dan guru sangat penting.

Pencanangan gerkan ini, merupakan salah satu upaya dari kami selaku pengurus IPJI Bangka Belitung untuk meningkatkan minat baca dikalangan generasi muda.

IPJI Bangka Belitung sejak tiga tahun terakhir ini cukup konsisten dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis generasi muda baik melalui lomba menulis cerpen/opinj, seminar menulis buku dan pelatihan jurnalistik media.

Kita berharap pemerintah daerah dapat turut andil dan lebih serius lagi untuk meningkatkan budaya literasi. Tugas berat ini hendaknya harus dilakukan secara bersama-sama. (rel/bbp)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: