banner 728x90

Bantu Kelancaran Mudik Lebaran, TNI AU Siapkan Hercules ke Belitung

Danlanud diwawancara wartawan seusai Safari Ramadan Kapolda Babel, di Mesjid Angung Darussalam, Manggar Rabu (6/6) Malam.

MANGGAR – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) H.AS Hanandjoeddin, Letkol Pnb Akal Juang mengatakan TNI AU siap membantu kelancaran mudik lebaran di Pulau Belitung. Lanud H.AS Hanandjoeddin berencana menyiapkan pesawat Hercules dan pesawat angkut lainnya untuk membantu transportasi masyarakat Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Belitung.
“Rencananya, sebelum dan sesudah lebaran kita siapkan pesawat militer untuk membantu masyarakat. Jumlah pesawatnya tergantung permintaan,” ungkap Akal seusai Safari Ramadan Kapolda Babel, di Mesjid Angung Darussalam, Manggar Rabu (6/6) Malam.
Letkol Pnb Akal Juang mengatakan Lanud hanya sebatas menyiapkan sarana. Jadi atau tidaknya pelaksanaan tergantung permintaan daerah daerah, baik Kabupaten Belitung ataupun Beltim.
“Kalau ada perintah kita siap, kapasitasnya kita hanya membantu fasilitasi pemerintah. Jadi kalau dibutuhkan silahkan dari Pemkab Belitung atau Beltim untuk mengajukan permohonan bantuan ke kita,” katanya.
Jumlah banyaknya pesawat yang akan diturunkan pun tergantung kebutuhan pemerintah, Lanud siap. Termasuk nanti saat ada isu Pilot Garuda mau mogok kerja.“Dari pemerintah daerah yang ngajukan, berapa orang yang mau diangkut. Koordinasinya ke Pemerintah daerah, kita intinya siap membackup,” ujarnya.
Saat ditanya harga tiketnya, Akal menekankan TNI AU tidak bisa mengkomersilkan sarana alat utama sistem persenjataan (alutsista) militer. Bantuan pesawat untuk mudik lebaran semata-mata murni untuk membantu pemerintah.
“Pesawat militer digunakan untuk mendukung rakyat sipil kemudian ada harga tertentu, tidak ada. Kami tidak mengkomersilkan alutsista,” tegas Akal.
Selain itu juga, khusus untuk lebaran ini Lanud H.AS Hanandjoeddin mengerahkan personilnya untuk mengamankan fasilitas di Bandara Hanandjoeddin dan Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (rel)

Related Search

Tags:
author

Author: