banner 728x90

Bawaslu Harap Partisipasi Pemilih Capai 75 %

banner 468x60

PANGKALPINANG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zul Terry Apsupi menyambut baik keberadaan Gardu Pengawasan Partisipatif Pemilu. Dia berharap ide yang muncul dari mahasiswa UBB (Universitas Bangka Belitung) ini meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2017 mendatang.

“Melalui kegiatan ini nantinya yang pada Pemilu lalu Partisipasi Pemilih adalah 68-69 persen, untuk pemilu ini Bawaslu berharap Partisipasi Pemilih mencapai 75 persen,” kata Terry di Giant Pangkalpinang, baru-baru ini.

banner 300x250

Gardu Pengawasan Partisipatif, lanjut dia, merupakan kepedulian pihak akademisi dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. “Juga dalam rangka pengawasan terpadu proses pemilihan kepala daerah,” tukasnya.

Sementara itu, Asisten I Amrullah, mengajak masyarakat Babel lebih proaktif dalam menyukseskan Pilgub mendatang, terutama soal keterlibatan memilih dan pengawasan.

“Tanpa partisipasi dari seluruh elemen masyarakat, maka pengawasan terhadap pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tidak akan dapat berjalan dengan maksimal,” sebutnya.

Agar Pilkada sukses, maka tegas Amrullah, dibutuhkan penguatan dari seluruh stakeholders dan seluruh elemen masyarakat dalam mengawal proses demokrasi.

“Begitu juga melibatkan rekan-rekan universitas Bangka Belitung, khususnya fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dalam melakukan pengawasan partisipatif pada beberapa titik yang tersebar di setiap kabupaten/kota se Babel,” pungkasnya. (fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: