banner 728x90

Bawaslu Minta Berita Kampanye Berimbang

banner 468x60

//Panwas Diminta Awasi Media

PANGKALPINANG – Bawaslu Bangka Belitung menegaskan adanya himbauan untuk semua media di Bangka Belitung terkait masa Pilkada di sejumlah Kabupaten/Kota di Babel. Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan kepada sejumlah wartawan, Senin (19/2/2018) kemarin.

“Himbauan ini ke semua media disampaikan oleh Bawaslu. Dari sana kita harap terkait masalah kampanye, materi kampanye ada aturannya. KPU yang mengatur, berita kampanye juga kita harap berimbang,”ungkapnya.

banner 300x250

Selain itu juga, iklan kampanye di sejumlah media diminta untuk diawasi penuh oleh Panwas Kabupaten/Kota. Apabila ada yang ditemukan oleh Panwas diminta untuk ditindaklanjuti sesuai Peraturan Perundang-undangan.

“Bawaslu Provinsi disamping mengingatkan peserta pilkada, juga penyelenggara untuk memantau, mengawasi dan memastikan yang dilakukan media, resmi maupun tidak resmi juga menjadi ranah pengawasan,”jelasnya lagi.

“Kami sudah sampaikan ke Panwas, kalau ditemukan dalam pengawasan media sesuai aturan tetap dilakukan penindakan, secepat mungkin dibahas atau dipastikan melanggar atau tidak. Ada mekanismenya dan kajiannya. Kalau dinyatakan melanggar harus memberikan rekomendasi ke dewan pers,” urai Edi.

Panwas dipersilahkan untuk melakukan kajian terhadap media di Bangka Belitung. Melanggar atau tidaknya tergantung dari kajian yang dilakukan.

“Kalau ada indikasi medianya kita lakukan rekomendasi seperti apa terhadap media itu,” tukasnya.(tob)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: