banner 728x90

Bawaslu RI Antisipasi Perppu UU MD3 Ditolak

banner 468x60

PANGKALPINANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia mengantisipasi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (Perppu UU MD3) akan ditolak oleh DPR RI. Pasalnya, jika Perppu itu disahkan, tentunya dilakukan melalui sistem voting.
“Namun kini, proses lobi pendekatan musyawarah mufakat, karena ada MoU, komitmen ini yang ditagih. Kita menghendaki secara musyawarah mufakat Perppu itu diterima. Posisinya, diterima atau ditolak. Kalau diterima, bisa saja posisinya deadlock. Kalau ditolak ada dua hal, diterima secara utuh, diterima secara bersyarat. Dan itu pasti ada perubahan,” ujar Komisioner Bawaslu RI Divisi Humas, Nasrullah saat menyampaikan sambutannya dalam acara analisis dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan partisipasi, di gedung LPMP Provinsi Babel, Rabu (17/12) kemarin.
Nasrullah melanjutkan, jika Perppu diterima namun bersyarat, tentunya dalam pasal tersebut ada kewenangan yang diberikan Panwaslu Kabupaten/Kota menyelesaikan persengkataan sesuai tingkatannya masing-masing. “Problemnya, Panwaslu kabupaten/kota membutuhkan dukungan birokrasi. Sumber daya manusianya juga yang berkualitas, netralitas, profesionalisme, nah ini yang menjadi hambatan. Terasa sedap, tapi belum tentu sedap. Bukan Bawaslu RI tidak percaya kepada Panwas Kabupaten/Kota, tapi ada yang belum siap. Dan keputusan di Panwaslu Kabupaten/Kota, dikelilingi masyarakat Kabupaten/Kota. Bisa saja, potensi konfliknya muncul. Kedepannya kita berharap persoalan tersebut dapat diputuskan secara baik dan bijak,” harapnya.
Dalam kegiatan analisi evaluasi pengawasan partisipasi yang digelar Bawaslu Provinsi Babel kemarin, dihadiri seluruh Panwaslu dan sekretariat 7 Kabupaten/Kota. Dalam kesempatan tersebut diadakan diskusi yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Babel Zul Terry Apsupi, komisioner Bawaslu Babel Bagong Susanto dan Sugesti. Tidak lupa juga, pemberian penghargaan partisipasi Pemilu 2014 kepada perwakilan perguruan tinggi, tokoh agama, LSM, pers maupun stakeholder lainnya.(iam)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: