banner 728x90

Bea Cukai Bakar 1,2 Juta Batang Rokok

banner 468x60

banner 300x250

 

KANTOR Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Pangkalpinang, Rabu kemarin (6/12) memusnahkan 1,2 juta batang rokok tanpa dilekati pita cukai, di Lapangan Rumah Dinas Bea Cukai, Jalan Yosudarso, Kelurahan Pasir Garam, Pangkalpinang. Ke 1,2 juta batang rokok illegal yang dikemas dalam ribuan bungkus ini dimusnahkan dengan cara dibakar, setelah mendapat persetujuan pemusnahan oleh Menteri Keuangan.
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai, Kantor Wilayah Sumatera Bagian Timur, M Aflah Farobi menuturkan bahwa rokok dengan berbagai jenis merek tersebut merupakan barang sitaan hasil operasi pasar di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya yang dilakukan oleh Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Pangkalpinang, selama periode 2015 sampai 2017.
“Rokok-rokok ini dinyatakan illegal dengan berbagai jenis pelanggaran seperti tanpa dilekati pita cukai, dilekati pita cukai yang bukan haknya, menggunakan pita cukai tidak sesuai jenis atau golongan dan dilekati pita cukai palsu atau bekas,” jelas M. Aflah Farobi kepada wartawan.
Menurut M Aflah, rokok jenis Cigaret Keretek mesin berbagai merek tersebut, berpotensi merugikan negara sebesar Rp374 juta. “Barang ini memang harus dimusnahka agar tidak disalahgunakan, karena rokok illegal ini kita tidak tau ukuran kesehatannya,” katanya.
Selain barang bukti rokok, bea cukai turut memusnahkan kosmetik, obat-obatan, suplemen dan makanan dengan jumlah 343 pcs, pakaian dan aksesoris 67 pcs, benih atau bibit tanaman 51 bungkus, sex toys 4 pcs dan satu buah pedang. Keseluruhan nilai barang dari hasil penindakan tersebut di perkirakan sejumlah Rp 428.988.400 dan berpotensi merugikan negara sebesar Rp410.798.100.
“Dengan adanya pemusnahan ini, diharapkan partisifasi dari unsur instansi pemerintah terkait dan masyarakat untuk meningkatkan sinergi dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara maupun dalam melindungi negara dari masuknya barang-barang berbahaya asal luar negeri,” harapnya.(Fiz)

 

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: