banner 728x90

Beltim Tempati Peringkat Kedua

*Hasil UN SMP se Babel

MANGGAR – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), meraih peringkat kedua terbaik se Provinsi Bangka Belitung (Babel), untuk nilai rata rata Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/Sederajad. Sedangkan terbaik pertama diraih Kotamadya Pangkal Pinang, usai pengumuman kelulusan pada Sabtu (11/6) pekan lalu.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Beltim, Hartoyo mengatakan, nilai rata-rata UN SMP Beltim adalah 53,63, dengan persentase kelulusannya 100 persen.

“Kabupaten Beltim meraih peringkat terbaik kedua, setelah Pangkalpinang. Prestasi ini sama dengan capaian nilai rata-rata waktu UN SMA/MA yang juga peringkat dua se-Babel. Untuk MTS-nya, Beltim ada di peringkat empat,” ungkap Hartoyo kepada wartawan.

Selain itu, menurutnya SMPN 1 Manggar dinyatakan sebagai sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi di Beltim. Dan se Babel, SMPN 1 Manggar berada di urutan ke empat.

“Berbeda dengan tahun kemarin, tak ada nilai 100 pada nilai UN siswa SMP pada 2016 ini. Yah Alhamdulillah, Kabupaten Beltim nomor dua setelah Pangkalpinang,” ujarnya kembali.

Sebelumnya diketahui, seribu lebih siswa siswi SMP/Sederajat di Beltim mengikuti UN pada 9 Mei 2016 lalu. Seperti halnya, UN pada SMA/Sederajat, nilai UN pada SMP/Sederajat juga tak menentukan bagi kelulusan siswa. Namun, nilai UN ini dapat menjadi patokan bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menerima siswa baru pada tahun ajaran baru nanti.

Setidaknya ada tiga poin penentuan kelulusan siswa SMP/Sederajat. Ketiganya adalah menyelesaikan seluruh program pembelajaran selama tiga tahun, memiliki nilai sikap minimal baik, dan terakhir lulus Ujian Sekolah (US). (feb)

Data Pendukung :
1.808 Siswa SMP/Sederajat di Beltim Terdaftar Ikuti UN.

Total : 1.808 siswa SMP Sederajat
Rincian :
* 19 SMP Negeri : Dengan 1.608 pelajar
(Laki-laki) : 765 pelajar dan (Perempuan) : 843 pelajar.

* 3 SMP Swasta : Dengan 200 pelajar
(Laki-laki) : 105 pelajar dan (Perempuan) :95 pelajar.

(Sumber: Dindik Beltim)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: