banner 728x90

Belum Pengaruhi UMKM Babel

banner 468x60

PANGKALPINANG – Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Bangka Belitung (Babel) Hasanuddin mengatakan krisis ekonomi global saat ini belum mempengaruhi produktivitas usaha mikro kecil menengah.
“Saat ini produktivitas UMKM masih stabil dan cenderung mengalami peningkatan, karena ketersediaan bahan baku lokal yang memadai,” kata Hasanuddin, Sabtu (29/8).
Berdasarkan pantauan di lapangan, kata dia, belum ditemukan UMKM yang mengalami penurunan produksi, malah mereka berusaha meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan pasar lokal dan nasional.
“Selama ini pelaku usaha mikro hanya mengandalkan bahan baku lokal, seperti ikan, tepung, minyak goreng dan lainnya yang masih tersedia banyak,” terangnya.
Menurut dia krisis ekonomi global ini akan mempengaruhi UMKM apabila pelaku usaha menggunakan bahan baku impor dan pemasaran produk hanya mengandalkan pasar dunia.
“Pemasaran produk UMKM ini masih dipasarkan di pasar lokal dan nasional, sehingga krisis global ini tidak terlalu mempengaruhi laju usaha mikro kecil menengah,” imbuhnya.
Namun demikian, kata dia, pihaknya terus berupaya memperkuat kemandirian UMKM ini, melalui pembinaan, pelatihan peningkatan kualitas usaha dan produk. “Kita terus berupaya meningkatkan SDM pelaku usaha dan produk, agar mereka mampu bersaing pada pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) nanti,” bebernya.
Ia mengatakan jumlah UMKM pada 2014 mencapai 289.310 unit dengan rincian usaha mikro 207.156 unit, usaha kecil 81.420 unit dan usaha menengah 734 unit, atau mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya 286.799 unit. “Diperkirakan pertumbuhan UMKM tahun ini akan terus mengalami peningkatan seiring permintaan pasar yang cukup tinggi,” tandasnya. (ant/rb)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: