banner 728x90

Beras Petani Babel Baru Penuhi 18 % Kebutuhan

banner 468x60

banner 300x250

GANTUNG – Beras yang dihasilkan petani sawah di Bangka Belitung baru memenuhi 18 persen dari total kebutuhan pangan masyarakat. Persentase diharapkan mampu meningkat dalam kurun waktu lima tahun kedepan, setidaknya mencapai 40 hingga 50 persen kebutuhan masyarakat.
“Hasil panen padi lebih kurang baru sekitar 18 persen. Kedepan kita punya target atas dukungan TNI AD kita terus melakukan percetakan sawah. Jadi luas lahan kita tambah terus tapi tujuan kita bukan hanya luas saja, intensifikasi juga harus dilakukan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni HA Batubara dalam kegiatan gerakan tanam padi bersama di kawasan persawahan Danau Nujau, Rabu (6/12) kemarin.
Intensifikasi dimaksud adalah menambah siklus tanam padi dari satu kali menjadi dua kali dalam setahun. Namun semua itu tidak mudah bila menyerahkan tanggungjawab kepada petani. “Nah untuk itu perlu dukungan, apa yang dikatakan pak Wabup. Pihak terkait ayo kita sama-sama,” ujar Toni.
Paling utama, menurut Toni adalah irigasi. Dengan irigasi yang baik, petani dapat mengatur siklus tanam padi tanpa terkendala kekurangan air.
“Kita tidak lepas dari irigasi, dalam hal ini Dinas PU. Saya minta agar kedepan, PU kalau mau buat irigasi koordinasi ke Pertanian sama-sama biar yang dialiri air itu sawah. Karena fungsi air itu bukan hanya mengairi, tapi kalau banjir bisa membuang. Jadi istilahnya tata kelola air, dari Kementerian PU ada yang primer dan sekunder. Sementara untuk tersier itu kita,” jelas Toni.
Toni menambahkan, potensi cetak sawah di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih cukup luas. Tiga Kabupaten yang memiliki pencadangan kawasan sawah siap cetak adalah Bangka Selatan, Belitung Timur dan Bangka.
“Kedepan, paling tidak lima tahun dimasa Gubernur sekarang, lebih kurang kita bisa mencukupi 40 hingga 50 kebutuhan Babel. Tapi dengan syarat, irigasi terpenuhi dan petani semangat serta dukungan TNI juga,” tukasnya. (msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: