banner 728x90

Berikan Pencerahan dan Wawasan Soal Undang-undang

banner 468x60

*Sarasehan Pulau-pulau Kecil dan Pesisir

SIJUK-Local Group Discusion-Destination Management Organization (LWG-DMO) Belitung bersama Pemerintah Kecamatan Sijuk dan Harian Belitong Ekspres akan menggelar Sarasehan Pulau-pulau kecil dan pesisir, Sabtu (3/12) pagi besok, di Ruang Rapat Kantor UPTD Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Sejumlah narasumber yang berkepentingan dihadirkan dalam Sarasehan yang bertema “Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil untuk Daerah Konservasi dan Kepariwisataan Belitung Berbasis Masyarakat”.

banner 300x250

Sarasehan ini akan menghadirkan Bupati Belitung, Kepala Disparekraf, Bappeda Belitung, Kepala DKP Provinsi Kep. Babel, Kepala DKP Kabupaten Belitung dan aktifis penggiat lingkungan dan konservasi dari LSM TELAPAK sebagai narasumber yang akan memaparkan materi berkaitan dengan tema sarasehan. Selain itu, kabar terakhir, pejabat dari salah satu Dirjen di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dijadwalkan hadir.

Camat Sijuk, Abdul Hadi didampingi Ketua LWG-DMO atau Kelompok Kerja Lokal Pariwisata (KKLP) Belitung, Iswandi mengatakan, kegiatan ini semata-mata demi untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang ada di Kabupaten Belitung. “Semua ini penting khususnya yang berada di KSPN Tanjung Kelayang bagi para pemangku kepentingan baik dari pihak pemerintah, swasta dan masyarakat,’’ ujar Abdul Hadi didampingi Ketua LWG-DMO atau Kelompok Kerja Lokal Pariwisata (KKLP) Belitung, Iswandi mengatakan.

Sasaran dari sarasehan ini, kata Camat, adalah para pelaku pariwisata, organisasi/lembaga kemasyarakatan setempat, kepolisisan dan TNI, pemerintah daerah, pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pihak Konsorsium KEK Pariwisata Tanjung Kelayang, pecinta lingkungan dan media massa.

“Kami sudah bertemu Bapak Bupati, baru saja (kemarin,Red), Beliau mendukung penuh kegiatan Sarasehan ini. Dengan demikian masyarakat paham akan aturan-aturan yang ada,’’ ucap Abdul Hadi.

Dijelaskan Camat, faktanya di lapangan banyak hal yang belum jelas terkait dengan pengelolaan pulau-pulau kecil dan pesisir yang ada di Kabupaten Belitung. Baik itu dalam hal ijin lokasi, ijin pengelolaan maupun penetapan zona-zona yang ada, apalagi tetang kewajiban untuk menyediakan ruang-ruang bagi masyarakat setempat. Masyarakat tak bisa selamanya takpaham masalah pulau-pulau kecil secara pasti dan berdasar. Saat ini, tak sedikit masyarakat hanya “sebatas” penonton yang manis,’’ pungkasnya.(mg1/agu)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: