banner 728x90

Besok, Desa Buluh Tumbang Gelar Maras Taun

TANJUNGPANDAN – Pemerintahan Desa (Pemdes) Buluh Tumbang bersama masyarakatnya akan melaksanakan Acara Maras Taun.  Rencananya kegiatan tersebut akan dilangsungkan di Dusun Buluh Tumbang pada hari Minggu (2/4) besok.

Kepala Desa (Kades) Buluh Tumbang Hairil pada  Harian Belitong  Ekspres Kamis (30/3) mengatakan, Bupati Belitung Sahani Saleh beserta sejumlah pejabat di Pemkab Belitung rencananya akan hadir dalam acara selamat kampong tersebut.   Persiapan sendiri hingga kemarin sudah hampir 80%.

“InsaAllah pada saat hari H kegiatan semua persiapan sudah 100%.  Sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Dijelaskanya, selain menyajikan tarian selamat datang rencanya, akan ada penampilan seni dan budaya seperti Gambus, Lesong Panjang dan Campak Darat.

Kata Hairil, ada yang menarik pada saat malam sebelum hari kegiatan.   Sebuah tradisi yang sudah jarang ditemukan pada saat sekarang ini, yaitu, Ngemping Padi bersama-bersama dengan masyarakat.

Lanjutnya mengatakan, proses pembuatanya juga, sangat unik dan menarik.   Infonya, padi pulud direndam menggunakan air selama satu malam, kemudian padi tersebut ditumbuk menjadi emping.  Kemudian dimakan menggunakan gula dan air kelapa.

“Acara selamat kampong ini merupakan acara rutin digelar setiap tahunya. Dimana acara ini merupakan bentuk rasa sykur atas limpahan rezeki dan anugrah yang telah diberikan oleh sang pencipta,” katanya.

Ditambahkan Hairil, acara Maras Taun juga memiliki makna untuk saling bergotong royong, menjaga kekompakan dan mempererat tali silaturahmi sesama warga.  Lantas, sebelum itu masyarakat Desa Buluh tumbang sudah lebih dulu bersama-sama melakukan gotong royong untuk membersihkan area sekitar perkuburan di Desa Buluh tumbang.  “Tentunya budaya gotong royong harus kita jaga dan lestarikan. Diharapkan dengan adanya acara maras taun ini rasa kebersamaan dan sifat gotong royong terus terjaga sehingga program-program desa maupun kabupaten dapat berjalan dengan baik,” harapnya.(rez)

Related Search

Tags:
author

Author: