banner 728x90

Bikin SKT Ormas Harus di Kemendagri

banner 468x60

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Tindak lanjut surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2/ 203043/ Polpum, tanggal 14 Agustus 2017 mengenai perihal penerbitan surat keterangan terdaftar (SKT) Kantor Kesbangpol Belitung Timur (Beltim) meneruskan edaran kepada ormas serta lembaga-lembaga yang berada di wilayah Kabupaten Belitung Timur. Edaran ini terkait dengan Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 tanggal 31 Juli tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan.

banner 300x250

Kepala Seksi Pembinaan Politik dan Kemasyarakatan Kesbangpol Beltim Ryan Ferdiansyah menjelaskan edaran kepada ormas dan lembaga akan disusul sosialisasi lanjutan pada tahun berikutnya, yaitu tahun 2018.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengurus ormas dan lembaga adalah ketentuan pasal 7 Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2016 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 12 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan dan pasal 6 Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 yaitu tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan. Penerbitan surat keterangan terdaftar organisasi kemasyarakatan yang tidak berbadan hukum diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Dalam surat edaran Menteri tersebut bagi organisasi kemasyarakatan tidak berbadan hukum yang sedang dalam proses dan atau mengajukan permohonan pendaftaran kepada Gubernur dan atau Bupati. Kemudian diteruskan kepada Kementerian Dalam Negeri, cq Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, melalui unit layanan administrasi kementerian dalam negeri di Jalan Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta Pusat. “Saat ini kami sampaikan berupa edaran secara langsung melalui surat yang kami tujukan ke ormas atau lembaga di Beltim, selanjutnya kalau sosialisasi akan kami laksanakan tahun depan (2018, red),” ujar Ryan, Senin (4/9) kemarin.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung Timur, Yusmawandi, saat dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan bahwa mereka telah menyampaikan himbauan kepada lembaga-lembaga maupun Ormas yang ada di Beltim. Perpanjangan maupun membuat baru dan surat keterangan terdaftar dilakukan di Kementerian Dalam Negeri. “Benar itu kami menyampaikan kepada lembaga-lembaga serta Ormas yang ada di Belitung Timur, bahwa apabila ingin memperpanjang atau membuat baru SKT tersebut harus di Kemendagri,” singkatnya.(msi)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: