banner 728x90

BPBD Larang Masyarakat Buka & Bakar Lahan

banner 468x60

*Najamudin : Kabupaten Bangka Paling Rawan

lubelitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Pada musim kemarau dan angin kencang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar kawasan hutan. Apalagi di daerah-daerah rawan kebakaran hutan.

Untuk diketahui, Kabupaten Bangka merupakan daerah paling rawan kebakaran hutan dan lahan, sebab dalam minggu-minggu ini sudah empat kali kebakaran lahan. Kendati demikian api masih dapat dipadamkan dengan mobil kebakaran pemerintah kabupaten Bangka.

banner 300x250

“Bangka paling rawan kebakaran hutan, dalam minggu-minggu ini saja sudah 4 kali kebakaran, beruntung dapat dijinakkan mobil damkar Bangka. Armada kita hanya ada dua mobil tangki, tapi tetap dapat bantuan dari pemadam kebakaran, untuk pemadaman api kalau terjadi kebakaran hutan atau lahan,” ungkap Kepala BPBD Provinsi Babel, Najamudin kepada wartawan, Sabtu (5/8).

Penanganan masalah kebakaran hutan dan lahan di Babel tidak bisa hanya mengandalkan BPBD dan instansi terkait. Namun peran masyarakat agar sadar tidak membuka lahan dengan membakar hutan sangat penting. “Tanpa bantuan dan kesadaran masyarakat, sulit kita mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Babel,” katanya.

Ia juga meminta agar masyarakat mewaspadai potensi kebakaran hutan. Oleh karenanya, BPBD selalu menyebarkan brosur dan pamflet imbauan di titik yang dianggap rawat terjadinya kebakaran hutan atau lahan.

Sebagai langkah antisipasi mencegah bencana kebakaran, jelas Najamudin, pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi dengan pihak terkait. “Pamflet dan brosur imbauan larangan membakar hutan sudah terpasang di titik-titik yang kita anggap rawan,” pungkasnya. (fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: