banner 728x90

BPTP Babel Ajak Tingkatkan IP

banner 468x60

TANJUNGPANDAN – Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian gelar acara Sarasehan, di Bahamas Hotel Belitung, Selasa (5/12) kemarin. Kegiatan yang bertema ‘Upayakan Peningkatan Indeks Pertanian (IP) Padi Untuk Mewujudkan Swasembada Pangan di Provinsi Kepulauan Babel,’ untuk mengajak semua pihak membuat komitmen bersama agar IP meningkat.
Peneliti dan Penanggung Jawab UPSUS, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Babel, Ahmadi mengatakan, IP padi di Babel pada tahun 2017 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, meski peningkatan tersebut masih belum signifikan. Untuk itu semua pihak harus bergerak dan mendukung upaya Kementan mewujudkan swasembada pangan dan IP di Babel.
Kata Ahmadi, Belitung termasuk daerah rawan pangan, karena cuaca menjadi faktor pembatas. Oleh sebab itu, ketahanan pangan di daerah harus ditingkat, agar kebutuhan pangan yang masih bergantung dari provinsi lain bisa dikurangi.
“Kita menggelar sarasehan ini bersama ini dengan tujuan untuk mengevaluasi capaian kerja dalam setahun, dan langkah-langkah apa yang bisa kita sepakati bersama dalam rangka meningkatkan indeks pangan. Serta evaluasi Upsus padi, jagung dan kedelai untuk tahun depan,” pungkasnya.
Sementara itu, Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono mengatakan, Indonesia merupakan Negara yang kaya, tanah yang subur, termasuk juga sumber daya alam (SDA)-nya. Oleh karenanya, Dandim mengajak semuanya untuk peduli dan bersama-sama meningkatkan produksi pertanian.
“Banyak inovasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian. Dan pemerintah sangatmendukung mewujudkan swasembada pangan ini,” ujar Dandim.
Letkol Kav Eko Saptono mengatakan, terwujudnya peningkatan indeks pertanian dan upaya terciptanya swasembada pangan bukan hanya tugas dinas pertanian tetapi tanggung jawab bersama. Untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada Camat, Kades, Poktan, yang sudah bersinergi dengan Kodim 0414 Belitung untuk mensukseskan cetak sawah di tahun 2017 ini.
“Namun, tugas kita tidak sampai disini saja, ada proses selanjutnya yang harus kita lakukan bersama. Mari kita meningkatkan pertanian dan mewujudkan terciptanya swasembada pangan bersama-sama,” ajak Dandim.
Acara ini juga dihadiri perwakilan, Dinas pertanian, Koramil, Camat, Kades, Petugas Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani dan ungdangan lainnya.(rez)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: