banner 728x90

Budaya Melayu Filter Budaya Asing

banner 468x60

TANJUNGPANDAN – Menggabungkan seni budaya dengan pemahaman kebangsaan menjadi metode Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara). Salah satunya dengan menggelar Pagelaran Seni Budaya Melayu Untuk Negeri yang dilaksanakan di Bahamas Hotel Belitung, Belitung Sabtu (11/11) kemarin.
Belitung ditetapkan sebagai destinasi wisata, nanti tentunya berbagai wisatawan berkunjung ke sini dengan membawa budayanya sendiri. “Budaya Melayu tidak boleh tergerus oleh budaya luar yang datang ke sini?,” kata Dato H Irgan Chairul Mahfiz yang mewakili Pimpinan MPR RI.
Irgan mengatakan sebagai warga Melayu wajib menjaga budaya dan memfilter budaya asing sehingga tidak merusak tatanan kehidupan kemelayuan. “Kalau bukan kita siapa lagi,?” ajak Irgan.
Kepala Biro Keuangan Sekjen MPR RI, Maifrizal pada laporannya mengatakan Sosialisasi Empat Pilar melalui seni budaya Melayu ini bekerjasama dengan Yayasan Rumpun Melayu Bangka Belitung pimpinan Dato Radindo Sardi Alpalangasi.
“Pagelaran seni budaya ini dilaksanakan bertujuan untuk memahami dan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, dalam pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat,” katanya.
Maifrizal menambahkan sosialisasi melalui pentas seni budaya adalah salah satu bentuk apresiasi dan langkah konkrit MPR RI dalam melestarikan warisan budaya. Khususnya seni budaya tradisional yang telah menjadi kekayaan intelektual bangsa Indonesia.
“Karena seni budaya nusantara sangat variatif, saat MPR melakukan sosialisasi melalui metode ini akan disesuaikan dengan budaya masing-masing daerah,” jelasnya.
Maifrizal menekankan pesan-pesan Empat Pilar MPR RI dapat tersampaikan ke masyarakat melalui pagelaran seni budaya. Tidak hanya sebagai hiburan tapi juga harus direalisasikan pada kehidupan sehari-hari.
Ketua Yayasan Rumpun Melayu Bangka Belitung, Sardi Alpalangasi mengapresiasi MPR RI yang berkenan menjalin kerjasama sosialisasi empat pilar MPR RI melalui pentas seni budaya Melayu.
“Saya berharap kegiatan seperti terus bisa dilaksanakan agar pesan-pesan Empat Pilar MPR dapat sampai ke masyarakat melalui pagelaran seni budaya. Tidak hanya sebagai hiburan tapi juga harus direalisasikan pada kehidupan sehari-hari,” ujar Sardi melalui pres rilisnya kepada Belitong Ekspres. (rel)

banner 300x250

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: