banner 728x90

Bulog Siapkan 1.500 Ton Beras

banner 468x60

Kepala Kantor Bulog Seksi Logistik Belitung Harmein Indra Pohan menunjukan stok beras di gudang, Jumat (27/4) kemarin.

//Persediaan Jelang Ramadan dan Lebaran

banner 300x250

TANJUNGPANDAN – Menjelang datangnya bulan Suci Ramadan dan Lebaran pada pertengahan Mei hingga Juni 2018 mendatang, Bulog di Pulau Belitung akan mendatangkan logistik beras sebanyak 1500 ton.

Hal itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan pokok masyarak Pulau Belitung pada saat puasa serta menyambut Idul Fitri nanti. Sebab, seperti tahun-tahun sebelumnya kebutuhan pokok meningkat saat memasuki Ramadan dan jelang lebaran.

Kepala Kantor Bulog Seksi Logistik Belitong Harmein Indra Pohan mengatakan, saat ini pihaknya masih ada stok sekitar 70 ton beras di Gudang Bulog, Jalan RA Kartini, Tanjungpandan.

Beras itu, diperkirakan akan cukup sebelum datangnya bulan puasa. Meski begitu, pihaknya akan tetap meminta kiriman tambahan dari pusat. Untuk mencegah lonjakan beras yang terjadi awal-awal Ramadan.

Saat ini sedikit ada kendala yang dialami Bulog yaitu masih masalah tansportasi. Sebab ribuan ton beras yang akan dikirim berasal dari Sulawesi Tenggara (Sultra). Untuk pengiriman beras itu akan dilakukan secara bertahap, tidak langsung 1500 ton.

“Rencana awal beras akan dikirim sebanyak 500 ton. Kemungkinan pengiriman itu dilakukan sebanyak tiga kali. Pada saat Ramadan beras tersebut sudah ada,” kata Indra Pohan kepada Belitong Ekspres, Jumat (27/4) kemarin.

Sebanyak 1500 ton beras itu akan disebar seluruh Pulau Belitung. Yakni Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 9900 per kilogramnya.

“Kami bisa pastikan untuk logistik beras di Belitung, pada saat puasa dan lebaran aman. Dan tidak akan kekurangan,” kata Indra di Gudang Bulog.

Namun, untuk bahan pokok lain seperti daging, dia tak bisa menjamin. Sebab, pada saat bulan puasa hingga lebaran, pihaknya hanya menstok sekitar dua ton daging beku. Saat in daging di Bulog tersisa beberapa kilogram.

Bulan lalu (April), Bulog Belitung hanya mendapatkan stok daging sebanyak 424 kilogram. Untuk kendala yang dialami dalam masalah daging tersebut, pihak Bulog tak memiliki tempat penyimpanan daging seperti Cold Storage.

“Selama ini kita hanya menyimpan di Frezer. Ke depan, untuk mendinginkan daging tersebut, kita akan buat cold storege mini di Kantor Bulog,” pungkasnya. (kin)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: