banner 728x90

Bupati Beltim Ingatkan ASN Harus Netral

MANGGAR – Bupati Beltim Yuslih Ihza mengingatkan jajaran ASN di lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Beltim bersikap netral dan melarang penggunaan fasilitas negara.

“Saya berharap pada pelaksanaan kampanye yang akan dimulai dari tanggal 23 September 2018 sampai dengan 13 April 2019 berjalan aman kondusif. Bagi ASN di lingkup Pemda Beltim agar bersikap netral dan jangan menggunakan fasilitas negara pada pelaksanaan kampanye,” tegas Yuslih saat memimpin rapat koordinasi persiapan tahapan Kampanye Pileg dan Pilpres pada pemilu 2019, Jum’at (21/9) kemarin.

Yuslih juga mengingatkan kewajiban semua pemangku kepentingan untuk ikut menyukseskan Pemilu tahun 2019 dan menjadi tugas bersama baik Pemerintah daerah, penyelenggara, pengawas dan pengaman dapat bersinergi bersama.

Rakor dihadiri Bupati Beltim Yuslih Ihza, SE, Ketua KPUD Beltim Rizal, Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudistira, Komisioner Bawaslu Divisi SDM dan Organisasi Ikhsan Jaya, Kasat Intelkam AKP. Robertus Wardhana, Kepala Kantor Kesbangpol Yusmawandi, Kadin Dukcapil Ernadi, Danramil Manggar Mayor. Inf. Trijoyo, Kadispers Lanud Mayor Wahyudi, perwakilan Kejaksaan Beltim Ike Rasmawati, para Camata, Kades dan perwakilan Partai Politik.

“Pada Rakor hari ini kita samakan persepsi dan komitmen bersama agar pada pelaksanaan mulai dari jadwal, program tahapan Pemilu dapat berjalan lancar dan aman,” ajak Yuslih.

Sementara itu, Ketua KPU Beltim Rizal mengatakan sejauh ini tahapan yang sudah dilaksanakan KPU Beltim yaitu verifikasi daftar Caleg, verifikasi Daftar Pemilih, melaksanakan edaran dari KPU RI untuk menyisir kembali dan menyempurnakan Daftar pemilih.

“Kami lakukan dengan berkoordinasi bersama Bawaslu, Dukcapil, dan stakeholder untuk dimasukan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT,” ujarnya.

KPU Beltim, sebut Rizal juga mengharapkan pihak kepolisian untuk selalu berkoordinasi berkaitan dengan izin dan lokasi kampanye yang dikeluarkan oleh Polres (STTP).

“Pengalaman tahun sebelumnya Parpol/Caleg sering terlambat menyampaikan ke KPUD sehingga kami sering kecolongan. Oktober ini kami akan menerima 1600 kotak suara dan bilik suara untuk 5 pemilihan, yang mana logistik tersebut akan ditempatkan di Aula kantor Desa Padang dengan sistem sewa,” jelas Rizal.

Terkait zona kampanye, KPU sudah koordinasi dengan Pemda dan Kesbangpol yang nantinya zona tersebut akan di-SK-kan melalui SK Bupati. “KPUD akan selalu berkoordinasi dengan Pemda terkait fasilitas bila kami memerlukan bantuan dan dukungan,” kata Rizal.

Apresiasi menjelang dimulainya tahapan kampanye disampaikan Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudhistira dengan harapan Pemda Beltim dapat bekerjasama secara berkelanjutan hingga selesainya pesta demokrasi.

“Bawaslu telah bekerjasama dengan pihak Kepolisian dan Kajari Beltim sehingga sudah terbentuk Gakkumdu yang siap bertugas bila ada pelanggaran dan pidana Pemilu,” sebut Epan.
Epan juga menegaskan jajaran pengawas akan bertindak sebagai pengawas yang berintegritas dan akuntabel sepanjang pelaksanaan tahapan pemilu.

“Melalui pencegahan Bawaslu sudah melaksanakan sosialisasi baik ASN,TNI-POLRI, perangkat desa maupun masyarakat akan netralitas agar lebih memahami sehingga meminimalisir pelanggaran,” tegas Epan. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: