banner 728x90

Bupati Jawab Pertanyaan 6 Fraksi Terkait 3 Raperda

banner 468x60
foto-A--Rapat-Jawaban-pandangan-umum-fraksi

Bupati Beltim saat memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi fraksi DPRD Beltim, di ruang rapat DPRD Beltim, Senin (5/6) kemarin.

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza menjawab pertanyaan pandangan umum dari Fraksi Gerakan Karya Pembangunan sebelumnya mempertanyakan terkait tentang Raperda Hari Jadi Kota Manggar. Jawaban itu, terkait apakah dengan diperdakannya hari jadi Kota Manggar tidak akan menjadi dan terjadi kecemburuan sosial bagi Kota lain yang ada di Kabupaten Beltim.

banner 300x250

Menurut Yuslih, bahwa mengenai hanya Kota Manggar saja yang akan diperdakan karena Kota Manggar adalah Ibukota Kabupaten Beltim, sesuai dengan Undang Undang nomor 5 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Basel, Bateng, Babar dan Kabupaten Beltim.

“Di seluruh Indonesia seperti halnya didaerah lain Kota yang dijadikan Ibukota/Kabupaten ditetapkan hari jadinya untuk diperingati setiap tahunnya. Hal ini penting bagi suatu daerah agar memiliki arti penting bagi masyarakat dan daerah untuk memantapkan jati diri,” ungkap Yuslih di ruang rapat DPRD Beltim, Senin (5/6) kemarin.

Ditambahkan Yuslih, jika semuanya dipahami dan melihat daerah lain yang telah menetapkan hari jadi, maka rasanya tidak ada terjadi kecemburuan bagi Kecamatan lain di Kabupaten Beltim.

Selain menjawab pertanyaan pandangan umum dari Fraksi Gerakan Karya Pembangunan tentang hari Jadi Kota Manggar, Bupati juga menjawab pertanyaan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Katanya, bahwa hal hal teknis yang akan dibuat oleh Pemkab Beltim setelah Perda ini nanti disahkan yakni membuat peraturan Bupati tentang hari jadi Kota Manggar.

“Dimana dalam peraturan Bupati tersebut nantinya akan menjelaskan begbagai kegiatan yang akan dilaksanakan baik oleh pemerintah maupun masyarakat dalam rangka memperingati hari jadi Kota Manggar setiap tahunnya,” sebut Yuslih.

Dampak nyata Raperda Hari Jadi Kota Manggar, menurut Yuslih ini adalah bagian dari kepentingan masyarakat Beltim kedepannya adalah dengan adanya Raperda diharapkan masyarakat akan lebih mengenal sejarah khususnya dan daerah lain di wilayah Kabupaten Beltim.

“Kedepan harapan Pemerintah masyarakat akan lebih mencintai kotanya, menumbuhkan semangat melestarikan nilai nilai luhur budaya yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakat, menumbuhkan rasa cinta, bangga dan rasa memiliki terhadap Kota Manggar,” terang Yuslih.

Bukan hanya itu Yuslih juga menjawab hal yang sama tentang hari jadi kota Manggar terhadap pandangan umum dari Fraksi Amanat Harapan Rakyat. Yuslih menjelaskan bahwa gambaran konsep rencana peringatan hari jadi Kota Manggar adalah peringatan yang dilaksanakan oleh jajaran pemerintah, swasta, dan masyarakat di Kabupaten Beltim.

“Di antaranya dengan DPRD Beltim menyelenggarakan rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan hari jadi kota Manggar setiap tanggal 31 Oktober dengan agenda tunggal mengdengarkan pidato Bupati, juga menyelenggaran pagelaran budaya daerah dan napak tilas sejarah, serta dengan menggunakan pakaian adat Beltim,” jelasnya.

Semua pertanyaan terhadap pandangan umum Fraksi yang ada di DPRD Beltim yang ada sebanyak 6 Fraksi semua dijawab oleh Bupati, yakni Fraksi PDIP, Fraksi Partai Amanat Harapan Rakyat, Fraksi Nasdem, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, dan Fraksi Partai Bulan Bintang serta Fraksi Partai Gerakan Karya Pembangunan.

Diketahui sebelumnya yang dibahas pada rapat Paripurna VII Masa persidangan II Tahun 2017 beberapa waktu lalu, yakni tentang penyampaian 3 Rancangan Peraturan daerah (Raperda) Kabupaten Beltim di ruang sidang DPRD Beltim. Dan ke 3 Raperda Pemkab Beltim, yang dibahas untuk diajukan ke DPRD Beltim yakni Raperda tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, Raperda tentang penyampaian revisi raperda Kabupaten Beltim nomor 3 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha, dan Raperda tentang Hari Jadi Kota Manggar. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: