banner 728x90

Bupati Minta Maras Taun Dikemas Lebih Atraktif

banner 468x60

*Ratusan Warga Hadiri Maras Taun di Dusun Suge

budaya-edisi-04-mei-2017-maras-taun-simpang-pesak

Kik Fadlin memanjatkan doa di depan kesalan dan ketupat dalam ritual Maras Taun di Dusun Suge, Desa Simpang Pesak, Rabu (3/5) kemarin.

SIMPANG PESAK – Ratusan warga Dusun Suge dan dusun-dusun lainnya di Desa Simpang Pesak berkumpul di Pantai Lalang Kecamatan Simpang Pesak, Rabu (3/5) kemarin. Sejak pagi, mereka berduyun-duyun dengan mengajak keluarganya untuk mengikuti prosesi adat Maras Taun,

banner 300x250

Meski panas menyengat, tua muda bersemangat. Mereka semua menunggu pembagian ‘kesalan’ dan lepat yang akan dibawa sebagai oleh-oleh sehabis ikut Maras Taun.

Prosesi dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Dukun Kampong, Kik Fadlin. Upacara ini diadakan untuk mendapatkan keselamatan baik di darat, laut, maupun udara.

Tak hanya masyarakat umum, Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza, dan anggota DPRD, Camat dan Kepala Desa tampak ikut hadir. Bahkan, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Terpilih, Abdul Fatah juga menyempatkan hadir.

Bupati Beltim, berharap agar setiap desa di Kabupaten Beltim dapat menjadwalkan secara rutin kegiatan Maras Taun. Menurutnya kegiatan Maras Taun sangat bermanfaat, untuk memupuk semangat kebersamaan dan gotong royong diantara sesama warga.

“Kita liat ini ratusan warga kumpul, sama-sama saling bantu-membantu mempersiapkan acara dan menjamu para udangan. Ini positif agar semangat kebersamaan kita terus ada selain untuk mempertahankan budaya adat istiadat kita,” kata Yuslih.

Yuslih juga meminta agar Desa dibantu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengemas kegiatan Maras Taun dengan atraktif. Bukan hanya dari sisi prosesi upacra adatnya namun juga dapat melibatkan atraksi wisata lainnya.

“Misalnya saja sebelum atau sesudah prosesi ditambahkan tari-tarian, beripat, dan lain-lain. Tujuannya agar undangan dan wisatawan yang datang berkunjung dapat puas menikmati. Saya lihat ini tempatnya juga bagus di pinggir pantai,” ujar Yuslih.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh wakil Gubernur terpilih, Abdul Fatah. Ia berharap agar pelaksanaan Maras Taun dapat jadi agenda dan promosi wisata tahunan di Pulau Belitung.

“Adat istiadat ini harus terus diletarikan. Masukan untuk panitia buat acara semanrik mungkin agar jadi wisata budaya bagi wisatawan yang berkunjung,” kata Pateng sapaan akrab Abdul Fatah. (Diskominfo Beltim/aji)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: