banner 728x90

Bupati: Tak Ada Konflik Kepentingan

banner 468x60

*Antara Operasi Pelabuhan Tanjungbatu dan Pelabuhan Tanjungpandan

foto A -pelabuhan tanjungpandan pelindo (10)

banner 300x250

Foto A: dok/be
Suasana Pelabuhan Tanjungpandan, nampak Kapal Kayu yang biasanya membawa barang-barang termasuk sembako dari Jakarta.

TANJUNGPANDAN-Rencana Pemerintah Kabupaten Belitung untuk segera mengoperasikan Pelabuhan Tanjungbatu di Pegantungan Kecamatan Badau, memunculkan sejumlah spekulasi di masyarakat. Salah satunya, beredar isu dengan beroperasi Pelabuhan Tanjungbatu, maka operasi Pelabuhan Tanjungpandan yang dijalankan oleh PT Pelindo II yang sekarang menjadi IPC-Indonesian Port Corporation itu, akan terganggu. Akibatnya, muncul istilah conflict of interest atau konflik kepentingan.
Isu tersebut langsung dibantah oleh Bupati Belitung Sahani Saleh. Menurut Bupati, tak ada konflik kepentingan dengan PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) di Kabupaten Belitung. Sebab, Pelindo sebagai badan usaha milik nasional (BUMN) telah ikut berpartisipasi mengusahakan kesegeraan terbentuknya pelabuhan Tanjungbatu. “Gak lah, gak ada conflict of interest dengan PT Pelindo. Bahkan, dia (PT Pelindo II,red) justru berusaha agar segera terbentuk Pelabuhan di Tanjungbatu,” katanya.
Bupati yang akrab disapa Sanem ini mengatakan, Pelindo hanya bisa melayani kapal-kapal yang relatif kecil. Karena itu, Pemerintah daerah tidak akan mungkin memindahkan kapal-kapal tradisional yang sudah ada di Pelabuhan Tanjungpandan. “Kecuali, memang ada beberapa hal,” singkatnya.
Bupati Sanem memastikan tidak akan terjadi overleap (tumpang tindih). Apalagi kapal-kapal yang ada dipelabuhan tersebut sesuai dengan kapasitasnya. “Pangsa pasarnya juga untuk Kabupaten Belitung ini berkenaan dengan kawasan industri. Termasuk bongkar muat.” tukasnya.
Seperti diketahui, Pemkab Belitung sampai saat ini terus memproses payung hukum untuk bisa mendorong percepatan operasi Pelabuhan Tanjungbatu yang konon memiliki panjang demaga hingga 1,5 kilometer lebih itu. Pemkab kini tengah mengajukan raperda tentang Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Raperda tersebut tinggal menunggu persetujuan DPRD Kabupaten Belitung. Bahkan sudah ada rencana Menteri Perhubungan akan hadir melihat langsung kondisi persiapan operasi pelabuhan.( mg2)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: