banner 728x90

Cinta Nusantara, Keliling Indonesia Naik Sepeda

*Sudah Izin Keluarga, Bersepeda Hampir Setahun

 

TANJUNGPANDAN-Keliling Indonesia dengan menaiki motor atau mobil mungkin sudah biasa dan sering dijumpai. Namun, mengelilingi pulau-pulau se Nusantara dengan menaiki sepeda gunung, ini mungkin termasuk kegiatan yang langka.

Itulah yang dilakukan Mariadi (48), pria asal Deli Serdang Sumatera Utara. Dia berangkat dari kilometer nol Sabang mengelilingi Indonesia pada (15/2) lalu dan tiba di Belitung Jumat (4/12) sore kemarin, tepatnya di Polres Belitung.

Mariadi mengatakan, selama sebelas bulan atau hampir setahun dia sudah mengelilinggi Indonesia, dari Sabang hingga Marauke. Rencana selama tiga hari ini, ia akan mengelilingi Pulau Belitung setelah itu, menuju Pulau Bangka.

“Saya sudah perjalanan menuju pulang. Sebelum di Belitung, dia sempat singgah di Pontianak, lalu menumpang kapal pengangkut sayur menuju Tanjungpandan,” ujar Mariadi kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Dijelaskan, Mariadi visi misinya menggelilingi Indonesia dengan mengunakan sepeda ontel lantaran ia ingin melihat keaneka ragaman budaya nusantara. Katanya, tidak ada kendala selama perjalanan. Sebab, ia memiliki bekal cukup selama setahun.

“Kendala cuma, sudah tiga kali ganti ban. Selama perjalanan, kami belum pernah sakit. Berbagai persiapan kita siapkan di antaranya tenda dan peralatan untuk memasak,” kata pria yang mengaku pengusaha ini.

Mariadi menceritakan, sebelum pergi menjelajahi nusantara, ia sudah meminta izin kepada istri dan anaknya. Setelah mendapat restu itu, dia langsung pergi. Kesan-kesan berharga saat menuju ke Belitung mengunakan kapal pengangkut sayur.

“Narkoda bertanya, dan saya ceritakan tentang perjalanku mengelilinggi Indonesia, akhirnya aku boleh numpang hingga ke Tanjungpandan. Selama tiga hari saya akan mengelilingi Belitung dan Beltim,”ceritanya.

Mariadi menambahkan, target ia tiba di kota kelahirannya pada 21 Januari 2016 mendatang. “Kita arah balik. Setelah dari Babel, saya menuju Palembang, dan melanjutkan perjalanan menuju Deli Serdang,” pungkasnya.(kin)

Related Search

Tags:
author

Author: