banner 728x90

Cipkon Antisipasi Salah Tangkap

Jajaran Kodim 0414 Belitung, Polres Belitung dan Satpol PP menggelar operasi cipta kondisi Minggu (16/9) malam.

*Ada Tiga Kejadian Salah Sasaran

TANJUNGPANDAN – Mengantisipasi terjadinya salah tangkap dan aksi maling, sejumlah instansi di Belitung seperti Kodim 0414 Belitung, Polres Belitung dan Satpol PP Kabupaten menggelar operasi cipta kondisi (cipkon), Minggu (16/9) malam.

Mereka melakukan penyisiran di lokasi-lokasi yang diduga berpotensi menjadi tempat rawan kejahatan. Selain itu, juga mendatangi beberapa Pos Kamling yang ada di Kawasan Tanjungpandan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Belitung Kompol Alam Bawono. Di hadapan masyarakat yang berada di Pos Kamling, dia menghimbau kepada masyarakat agar tidak main hakim sendiri, jika mengetahui atau menangkap maling.

Menurut Kabag Ops, harus serahkan ke pihak kepolisian. Sehingga, aksi salah tangkap yang terjadi di beberapa lokasi di Kabupaten Belitung, tidak terulang kembali. Pihak kepolisian hingga saat ini masih terus melakukan pengembangan setelah diamankan Mursalim.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres, dalam waktu sepekan ini ada tiga peristiwa salah sasaran di Belitung. sejumlah orang menjadi amukan warga lantaran dikira maling.

Pertama kejadian di kawasan Tanjungpandan, seorang wanita melintas dicegat oleh sejumlah orang yang berjaga. Merasa ketakutan, dia langsung kabur. Warga yang menduga dia maling langsung merusak mobil tersebut.

Akibatnya, kaca mobil mengalami kerusakan. Setelah diselidik, ternyata yang merusak adalah warga yang sedang ronda. Atas peristiwa itu, korban melaporkan ke Polsek Tanjungpandan.

Kedua peristiwa di kawasan Air Raya, dikira maling pria asal Jalan Basuki Rahmad jadi bulan-bulanan sejumlah warga. Tidak hanya itu, motor korban pun rusak, akibat amukan warga. Setelah diperiksa di Polres Belitung, ternyata korban bukan maling.

Korban merupakan warga biasa, yang pulang nonton konser musik. Dia memarkirkan motornya di lokasi, lantaran dijemput rekannya. Beruntung polisi segera datang ke lokasi mengamankan korban.

Ketiga, kejadian pada Sabtu akhir pekan lalu, di Jalan Jenderal Sudirman, Lesung Batang, letaknya di Samping Lanud H. AS Hanandjoeddin. Seorang pria nyaris dihakimi warga lantaran dikira maling.

Beruntung lelaki tersebut berhasil kabur. Dia dicurigai lantaran mondar-mandir di kampung tersebut. Untungnya pihak aparat kepolisian dan anggota Lanud H.AS Hanandjoeddin siaga.

Pasukan bersenjata lengkap langsung datang ke lokasi. Sehingga, kondisi yang awalnya mencekam menjadi kondusif. “Saat itu kami sudah turunkan anggota, setelah kita telusur masyarakat tidak tahu,” kata Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko.

Saat masyarakat ditanya mereka hanya menjawab katanya katanya dan katanya. “Untuk kesekian kalinya kami menghimbau agar masyarakat tetap tenang. Jika memang mengetahui adanya hal-hal mencugikan langhsung lapor,” pungkasnya. (kin)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: