banner 728x90

CJH Beltim 2018 Meningkat

MANGGAR – Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Belitung Timur yang akan diberangkatkan pada musim haji 2018 sebanyak 36 orang. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya memberangkatkan 19 jamaah.

“Untuk tahun 2018 ada sebanyak 36 jamaah haji. Sampai hari ini sebanyak itu, Insha Allah sampai hari pelunasan tidak berubah. Tapi bisa saja waktu pelunasan ada penambahan atau ada yang batal dari Kabupaten lain,” ujar Harisun selaku Kasi Haji dan Umroh Kandepag Kabupaten Beltim saat berbincang dengan Belitong Ekspres, akhir pekan lalu.

Menurut Harisun, peningkatan kuota haji asal Kabupaten Beltim dikarenakan penambahan kuota Provinsi oleh kuota nasional.

“Secara nasional kuota haji mencapai 221 ribu jamaah. Reguler 104 ribu dan haji khusus 17 ribu. Untuk Babel 1.061 jamaah,” kata Harisun.

Namun kuota Kabupaten Beltim sebenarnya masih relatif kecil bila dibandingkan dengan daftar tunggu haji. Sebagai perkiraan saja, ada sebanyak 500 orang daftar tunggu sesuai data yang sudah masuk hingga saat ini.

“Tahun 2034 kalau mendaftar hari ini dan ini standarlah. Itu masih bisa berubah, kalau ada yang batal berangkat,” ujarnya.

Harisun menambahkan, persiapan yang sudah dilakukan Depag Kabupaten Beltim guna keberangkatan CJH tahun 2018 adalah kelengkapan dokumen haji. Salah satunya dokumen berupa paspor yang telah selesai diurus di kantor Imigrasi.

“Sedangkan untuk kesehatan, nanti masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Untuk pelunasan diperkirakan akhir Maret atau awal April. ONH tahun lalu Rp. 32 juta dan untuk tahun ini diperkirakan tidak terlalu jauh nilai selisihnya, paling Rp. 34 juta atau Rp 35 juta,” tukasnya. (msi)

Related Search

Rate this article!
CJH Beltim 2018 Meningkat,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: