banner 728x90

Daging Sapi di Manggar Tembus Rp150 Ribu Per Kg

banner 468x60

*H-2 Lebaran Bakal Kembali Naik

Foto-A-Daging-Sapi

Menjelang Lebaran, daging sapi paling banyak dicari konsumen. Pantauan di lapangan, Senin (19/6), daging sapi dijual di kisaran harga Rp150ribu – Rp160ribu per kilogram, di Pasar Manggar.

MANGGAR –  Harga daging sapi menjelang hari raya lebaran Idul fitri 1438 H/2017 M  di Kecamatan Manggar sudah menembus harga  Rp150 ribu per kilogram. Hal ini diungkapkan sejumlah pedagang di Pasar Mekar Jaya, Belitung Timur (Beltim), Senin (19/6) kemarin.

banner 300x250

“Kemarin Rp140 ribu per kilo, sekarang Rp 150 per kilogram,” ujar Ahmad (39), pedagang sapi yang membuka kios dadakan di Pasar Mekar Jaya saat ditemui wartawan.

Ahmad mengakui sudah didatangi sejumlah pembeli. Dia memprediksi harga daging sapi akan berada pada kisaran harga Rp160 ribu pada H-2 nanti.

Ahmad mengaku mengkhawatirkan stok sapi jelang hari raya Idul Fitri 1438 H. Hal ini dinilai akan membuat harga menjadi semakin tinggi semakin mendekati lebaran.

“Harga tinggi disebabkan stok sapinya tidak ada, semuanya sudah habis, ” tambahnya.

Ahmad menyebut, sekitar dua hari yang lalu, dua kapal pembawa sapi masuk ke Belitung melalui pelabuhan di Kecamatan Manggar. Kapal tersebut membawa sekitar 200 ekor sapi.

“Ini dua hari yang lalu masuk. Dua kapal bawa dua ratus lebih sapi. Tapi terbagi, tidak hanya untuk Manggar, tapi juga untuk daerah lain dan sampai ke Tanjungpandan,” kataya.

Namun berbeda dengan Ahmad. Pedagang lainnya, soleh mengaku tak risau kekurangan stok sapi. Dia mengaku punya stok lima puluh ekor sapi dari Madura.

“Cukup sampai lebaran. Tahun ini sakit pedagang soalnya kalau sekarang yang ngerawat (memelihara sapi) susah. Kalau sekarang stok sapi kosong,” papar Soleh.

Menurutnya, akan ada satu kapal lagi yang akan memasok kebutuhan sapi di Pulau Belitung. Kapal tersebut akan mengangkut 300 ekor sapi.

“Kapal yang ini akan lebih besar, mungkin sekitar dua hari lagi, tapi langsung ke Tanjungpandan,” tandasnya.

Sementara itu, harta daging ayam pada saat ini dijual pada kisaran Rp40 ribu per kilogram. Padahal harga seminggu sebelumnya, daging ayam dijual Rp35 ribu per kilogram.

Hal ini dibenarkan oleh Pedagang daging ayam di pasar Mekar Jaya Manggar, Fatimah. Ia memperkirakan harga akan tembus pada kisaran Rp45 ribu per kilogram semakin mendekati lebaran nanti.

“Mungkin hingga hari H nya akan berkisar pada harga Rp 45 ribu. Ya, karena stok ayamnya juga sedikit,” tutupnya. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: