banner 728x90

Danpos TNI AU Beri Contoh Budidaya Ikan

banner 468x60

 

DSC_3443

*Bersama Awak Media, Panen Patin dan Lele

banner 300x250

Danpos TNI AU di Beltim, Kapten (Lek) Dwi Setyo saat melakukan panen perdana ikan patin dan lele bersama awak media, Jumat (20/3) siang pekan lalu.

MANGGAR – Budidaya ikan patin dan lele kini mulai dilakukan warga Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Meski tidak menawarkan margin yang berlimpah, namun komoditasnya membuat pembudidaya tetap memuaskan.

Tak terkecuali yang dilakukan Komandan Pos TNI AU HAS Hanandjoedin di Beltim, (Danpos TNI AU) Kapten (Lek) Dwi Setyo yang memberikan contoh budidaya ikan. Salah satu pembudidaya patin dan lele yang sekaligus melakukan panen perdananya bersama awak media lokal Beltim kemarin Jumat, (20/3) pekan lalu.

Puluhan ikan patin dan juga lele yang dibudidayakannya sejak 4 bulan lalu, pada sebuah kolam yang berukuran 3×5 meter tersebut cukup untuk memelihara ikan patin dan lele dengan panen yang memuaskan.

Letak kolam yang dibangun Danpos TNI AU, Kapten (Lek) Dwi Setyo ini terletak tepat di Kantor Perwakilan Pos TNI AU Beltim, di Kompleks Perkantoran Bupati Beltim. Dia memutuskan untuk membudidayakan ikan patin dan lele karena berawal dari iseng, guna mengisi waktu kosongnya.

“Tadinya sih hanya iseng aja, sekedar mengisi waktu luang. maka saya berniat buat kolam budidaya ini, dan Alhamdulillah panen perdana ini hasilnya lumayan dan sangat memuaskan,” ucap Kapten (Lek) Dwi Setyo sumringah.

Ikan-ikan yang dipeliharanya tersebut dipanen bersama beberapa orang awak media lokal, untuk dibagikan.

“Kalau yang patin ini kita dapat puluhan dan lele juga demikian. Ini ikan saya bagikan cuma-cuma, siapa yang mau ambil-ambil saja, semuanya sudah siap panen,” kata Kapten (Lek) Dwi sembari memberikan ikan patin dan lele yang selama ini dipeliharanya.

Memasuki masa pensiunnya di Beltim ini, Ia berharap bisa memberikan kontribusi yang penuh makna dengan mengajarkan dan mengajak masyarakat untuk berbudidaya ikan air tawar.

“Kuncinya mau dan berani melakukan. Karena ini mudah, maka kiranya warga masyarakat Beltim mampu dan mau melakukan budidaya ikan, yakinlah pembudidayaan mampu meningkatkan hasil produktivitas kita,” tutup Dwi Setyo. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: