banner 728x90

Danramil Manggar Gelar Nobar Film G-30 S/PKI

Nobar film G-30 S/PKI di warkop jalan Gajahmada Desa Mekar Jaya Manggar, yang disaksikan Danramil 414-02/Manggar, Mayor Inf Tri Joyo, bersama dengan anggota Koramil lainnya serta masyarakat sekitar, Rabu (20/9) malam.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Guna mengingatkan kembali Sejarah dan Jangan Sampai Melupakan Sejarah (Jas Merah) kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap bangsa Indonesia. Jajaran Kodim 0414 Belitung melalui Koramil 414-02/Manggar, menggelar pemutaran film penghianatan Gerakan 30 September PKI (G-30 S/PKI). Nonton bareng (Nobar) film itu dilaksanakan di salah satu Warung kopi di Jalan Gajah Mada, Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rabu (20/9) malam.

Warkop tersebut pun mendadak diramaikan oleh warga sekitar untuk menyaksikan Nobar film yang sempat hilang yakni Penghianatan G-30 S/PKI. Acara Nobar tersebut digelar dan juga disaksikan oleh Danramil 414-02/Manggar, Mayor Inf Tri Joyo, bersama dengan anggota Koramil lainnya serta masyarakat sekitar.

Saat ditemui Belitong Ekspres Rabu (20/9) malam, disela pemutaran film tersebut, Danramil 414-02/Manggar, Mayor Inf Tri Joyo menjelaskan, bahwa kegiatan Nobar Film G-30 S/PKI tersebut atas dasar Perintah Panglima TNI. Melalui Surat Telegram Panglima TNI ke semua Jajaran TNI yang disampaikan sesuai jenjang Komando sampai ke jajaran paling bawah atau Koramil, agar turut mengimplementasikan. Pelaksanaan Nobar di Kabupaten Beltim juga atas perintah dan seijin Dandim 0414/Belitung, Letkol Kav Eko Saptono.

“Kegiatan Nobar Film G-30 S/PKI ini atas dasar Perintah Panglima TNI, melalui perintah Panglima TNI ke semua jajaran TNI yang disampaikan sesuai jenjang Komando sampai ke jajaran paling bawah atau Koramil agar mengimplementasikan,” ungkap Danramil 414-02/Manggar.

Dan dijelaskan Danramil bahwa Perintah tersebut agar dilaksanakan Nobar mulai tanggal 20 hingga 30 September 2017, yang dimulai dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten,” terangnya. Mayor Inf,Tri Joyo juga menyampaikan bahwa kegiatan Nobar tersebut juga dilaksanakan di seluruh wilayah Babinsa.

“Setiap Babinsa melaksanakan Nobar di desanya masing-masing untuk tempat pelaksanaan dapat dilaksankan di kantor kantor instansi, Warkop atau menyesuaikan. Sedangkan di tingkat Kabupaten juga akan dilaksanakan Nobar sekitar tanggal 29 atau 30 September mendatang,” pungkas Danramil.

Kemudian, Mayot Inf,Tri Joyo menyebutkan bahwa Nobar ini dilakukan untuk tingkat babinsa (Desa), dan nantinya untuk tingkat Kabupaten juga akan dilaksanakan.

“Untuk di Kabupaten akan sesuai prosedur dengan membuat surat yang ditujukan kepada Bupati Beltim. Dan itu rencananya akan digelar di auditorium, agar bisa bersama melihat sejarah kekejaman film Penghianatan G-30 S/PKI, yang akan diundang nantinya adalah Masyarakat, pelajar ataupun ASN Pemkab Beltim dan juga Bupati dan Wakil Bupati Beltim, serta firkominda lainnya, yang ada di Beltim,” sebutnya.

Dengan tayangan film G-30 S/PKI tersebut, lanjut Danramil Manggar, Panglima TNI berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui sejarah tentang G-30 S/PKI, dikarenakan sudah lama tidak ditayangkan. Maka kini kembali ditayangkan sehingga generasi muda tahu dan tentunya juga Jangan Sampai Melupakan Sejarah.

“Harapannya dari Panglima TNI agar seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui sejarah tentang G-30 S/PKI dikarenakan sudah lama tidak ditayangkan kembali sehingga generasi muda tahu. Dan Jangan Sampai Melupakan Sejarah, atau disingkat Jas Merah,” sebutnya sembari menirukan ungkapan Bung Karno Proklamator RI. (feb)

Related Search

Tags:
author

Author: