banner 728x90

Desa Air Merbau Punya 3 Program Prioritas

banner 468x60
belitung-desaku-edisi-12-januari-2017-kades-aik-merbau

Kades Air Merbau Katto

TANJUNGPANDAN-Setiap desa di wilayah kabupaten Belitung terus berlomba mengembangkan program prioritas di tahun 2017 ini. Salah satunya, Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan.

banner 300x250

Kepala Desa (Kades) Air Merbau Katto mengatakan, adapun program prioritas tersebut yaitu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) dan beberapa program lainnya.

“APBDEs Desa Air Merbau sudah siap, tinggal menyusun RAPBDes sebelum dituangkan dalam RKPDes dan melakukan verifikasi terlebih dahulu di Kecamatan,”ujarnya kepada Belitong Ekspres Rabu (11/1) kemarin.

Menurut Katto, melihat menggeliatnya pariwisata belitung tentunya, sektor UMKM menjadi penting untuk menunjang pariwisata tersebut. Terutama dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di desa.

“Banyaknya wisatawan yang datang ke belitung tentunya membuat gairah pada sektor usaha kecil dan menengah dan membuat perekonomian di desa menjadi meningkat,” katanya.

Dijelaskanya, pembentukan BUMDes tidak kalah penting sehingga menjadi prioritas Desa Air Merbau. Sebab, BUMDes akan memberikan kesempatan kepada warga untuk menjual hasil produk olah mereka. Dan, ini juga tentunya akan meningkatkan sektor ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya BUMDes akan menampung produk-produk masnyarakat desa. Terlebih Desa Air Merbau merupakan lokasi yang strategis jadi sebelum wisatawan menuju tempat-tepat wisata, bisa singgah dan berbelanja oleh-oleh di BUMDes Desa Air Merbau,”katanya.

Dikatakanya, secara rinci program prioritas sudah disusun begitu juga dengan poin-poin kegiatan lainya. Lantas, kegiatan-kegiatan tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu, sebelum menjadi Rencana Kerja Pemeritahan Desa (RKPDes).

“Yang diprioritaskan di tahun ini BUMDes, UMKM dan PAUD. Harapakan kita pencairan dana tidak ada hambatan sehingga bisa menjalankan program-program tersebut,”tukasnya.

(mg1)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: