banner 728x90

Desa Buding Paparan Sebagai Calon Juara Desa Tingkat Regional

banner 468x60

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Tindak lanjut penilaian Lomba Desa tingkat Regional, menempatkan Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Tiur sebagai salah satu calon juara desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2017. Rencananya, hari ini (9/8) Kepala Desa Buding akan memaparkan kemajuan desa di hadapan tim penilai dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa di Jakarta.

Kepastian tersebut disampaikan Camat Kelapa Kampit Rodi Rosadi kepada Belitong Ekspres, Selasa (8/8) kemarin. “Besok, rombongan akan memaparkan kemajuan Desa Buding di Jakarta,” tulis Rodi melalui pesan elektronik.

banner 300x250

Rodi menjelaskan, selain perangkat Pemerintah Desa Buding, Bupati Beltim Yuslih Ihza dikonfirmasi hadir bersama Ketua PKK Kabupaten Beltim, Camat Kelapa Kampit dan Ketua PKK Kecamatan Kelapa Kampit dan Kabid Pemdes pada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Beberapa hal penting yang dipaparkan meliputi gambaran umum daerah, profil desa, gambaran umum bidang Pemerintahan, gambaran umum pada bidang Kewilayahan, inovasi dan produk unggulan, dan gambaran bidang kemasyarakatan.

“Untuk bidang Pemerintahan beberapa diantaranya visi misi, prestasi yang telah dicapai, swadaya masyarakat, bantuan keuangan Kabupaten dan Provinsi, Sumber Daya Manusia, regulasi yang dihasilkan, e-goverment, standar pelayanan minimal. Termasuk pula, sarana prasarana Desa, penggunaan Dana Desa, PADes, Bumdes, dan lain sebagainya,” ujar Rodi.

Sedangkan bidang kewilayahan, batas wilayah Desa/ Kelurahan, orbitasi, investasi yang masuk ke Desa/Kelurahan, peta batas, peta tanggap bencana, gapura dan cluster pembangunan Desa.

Pada bidang kemasyarakatan, terdiri dari komposisi penduduk, pendidikan, akses perekonomian, pelestarian adat budaya, peran lembaga adat, peran lembaga kemasyarakatan, partisipasi masyarakat, pelestarian lingkungan hidup, keberadaan PKK, keterlibatan perempuan dalam pemerintahan Desa dan peran BPD.

“Semua aspek akan ditanyakan oleh tim penilai. Kita berharap hasil sebelumnya baik di tingkat Desa, Kabupaten dan Provinsi akan semakin meningkatkan kemampuan Desa Buding agar memberikan hasil terbaik di tingkat regional,” sebut Rodi.

Desa Buding merupakan satu diantara 3 Desa/Kelurahan di regional Sumatera yang mampu menembus tingkat Nasional. Prestasi ini bukan main-main, mengingat Desa Buding mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: