banner 728x90

Desa Keciput Fokus Pelatihan Penunjang Pariwisata

banner 468x60
desaku-Kades-Aryandi

Aryandi

SIJUK-Kepala Desa (Kades) Keciput, Kecamatan Sijuk, Ariyandi mengatakan, kegiatan pemberdayaan masyarakat desa pada tahun 2017 ini akan diarahkan pada kegiatan dan pelatihan penunjang pariwisata. Itu mengingat kawasan Pantai Tanjung Kelayang Desa Keciput telah menjadi tujuan wisata

banner 300x250

“Nanti ada pelatihan kerajinan tangan, pelatihan salon dan pelatihan bahasa inggris dan pelatihan lainnya, yang kita arahkan untuk menunjang pariwisata,” katanya Ariyandi kepada Belitong Ekspres Senin (30/1) kemarin.

Dikatakanya, sebagai desa icon wisata yang sudah dikenal secara luas, yaitu Pantai Tanjung Kelayang, tentunya kegiatan pemberdayaan pelatihan bahasa inggris menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan.

“Untuk mendukung pariwisata kita ingin menyiapkan sumber daya manusia (SDM) khususnya yang bisa bahasa Inggris sebab itu faktor yang dominan untuk menunjang pariwasata,”ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan berbahasa ingris diharapkan warga Keciput bisa menjadi pemandu wisata, sehingga mampu memberikan penghasilan tambahan bagi warga dan meningkatkan perekonomian.

Dijelaskanya, untuk pelatihan kerajinan tangan seperti pembuatan sovenir dan cindera mata, selain untuk menunjang sektor pariwisata tentu hal ini juga akan menciptakan peluang usaha bagi warga keciput secara mandiri.

“Sebagai daerah tujuan wisata tentunya wisatawan yang datang ingin mencari oleh-oleh ataupun sovenir khas desa dan ini akan memberikan peluang untuk penghasilan tambahan bagi warga,”jelasnya.

Kata Ariyandi, selain sektor pariwisata pemerintahan desa (Pemdes) keciput rencananya akan membangun jalan lingkar desa, pembangunan galeri desa, pembangunan kantor desa, pembahasan mengenai batas-batas desa dan kegiatan lainya.

“Alahamdulillah warga sangat mendukung untuk pembangunan jalan lingkar desa dan kita sangat mensuport pekan wisata kecamatan menjadi agenda tahunan di desa keciput,”tandasnya.(mg1)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: