banner 728x90

Desa Wisata Terong Soft Launching

banner 468x60

Turis Saat Ngremis di Pantai Terong

*Siapkan 4 Destinasi Unggulan, Desa Keciput Menyusul

SIJUK-Kerja keras masyarakat Desa Terong untuk menjadikan desanya menjadi desa wisata mulai menampakkan hasil. Ini terbukti dengan akan dilakukannya peluncuran awal (soft launching) Desa Wisata “Kreatif” Terong pada Sabtu (17/12) malam, di kawasan wisata Aik Rusa Berehun (ARB). Dengan peluncuran awal ini, maka Desa Terong jadi satu-satunya desa wisata yang ada di Kabupaten Belitung, bahkan Pulau Belitong.

banner 300x250

Pencapaian Desa Wisata Kreatif Terong ini tak lepas dari peran Local Work Group-Destination Management Organization (LWG-DMO) bersama kelompok masyarakat dan Pemerintah Desa Terong. LWG-DMO atau  Kelompok Kerja Lokal Pariwi

sata (KKLP) sejak tahun lalu secara intensif mendampingi dan mengawal program Desa Wisata “Kreatif” Terong.

Bersamaan dengan peluncuran ini, esok harinya Minggu (18/12) di Desa Keciput akan dilangsungkan Ground Breaking (pencanangan) Desa Wisata “Bahari” Keciput, Kecamatan Sijuk di Pendopo Tanjung Kelayang. Sejumlah pejabat baik dari Kementerian Pariwisata RI dan Pemkab Belitung dijadwalkan akan hadir. Di antaranya yaitu Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pengembangan Masyarakat Kemenpar RI Oneng Setya Harini. Bupati Belitung Sahani Saleh dijadwalkan akan hadir pada dua kegiatan tersebut.

“Soft launching desa wisatanya nanti kita akan meminta Pak Bupati Belitung yang meresmikan. Dan, disaksikan tamu undangan lain seperti dari Disparekraf Belitung dan semua SKPD Belitung. Selain itu, ada kepala desa dan BPD se-Kecamatan Sijuk serta pelaku wisata seperti tour travel,” ujar Ketua LWG-DMO (KKLP) Iswandi didampingi Ketua Kelompok Desa Wisata “Kreatif” Terong Zubir kepada Belitong Ekspres, usai audiensi dengan Bupati Belitung Sahani Saleh, di Rumah Dinas Bupati Belitung, Rabu (14/12), kemarin.

Zubir kepada Belitong Ekspres mengatakan, empat destinasi di Desa Terong sudah siap untuk dirilis ke wisatawan. Empat destinasi itu yakni, Pesona wisata danau Aik Rusa Berehun, Pesona Wisata Mangrove, Pesona  Wisata “View” Bukit Tebalu dan Pesona Agrowisata. “Kami terus berbenah dan menyempurnakan destinasi agar mampu memberikan kesan terbaik bagi para turis yang berkunjung ke Desa Wisata “Kreatif” Terong. Yang jelas, soal akomodasi di Desa Terong juga sudah siap dengan model guest house,’’ papar Zubir.

Sementara itu, Ketua Divisi informasi Publikasi dan Dokumentasi LWG-DMO Belitung, Jumhari yang juga Ketua Panitia Ground Breaking Desa Wisata “Bahari” Keciput berharap, kedua agenda ini bisa berjalan dengan sukses. “Saya berharap pemerintah desa, masyarakat, dan seluruh elemen terkait bisa mensukseskan pencanangan Desa Wisata “Bahari” Keciput,” ungkapnya.

Agenda di Desa Wisata Terong akan diisi dengan pertunjukan seni dari Sanggar Seni desa. Salah satunya dimeriahkan atraksi Seni Gambus pimpinan Kik Akil Bujang dan Pemutaran Video Pesona Desa Wisata “Kreatif” Terong. Sementara agenda Ground Breaking Desa Wisata “Bahari” Keciput, selain atraksi seni budaya,  juga akan dilakukan pelepasan tukik di Pulau Kelayang, Desa Keciput.

Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh kedua kelompok masyarakat pariwisata baik itu Desa Wisata “Kreatif” Terong maupun Desa Wisata “Bahari” Keciput. LWG-DMO sendiri merupakan lembaga independen bentukan Kementerian Pariwisata RI untuk tata kelola destinasi pariwisata.(mg3)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
author

Author: