banner 728x90

Diskominfo Himbau Bijak Bermedia Sosial

ilustrasi stop kirim gambar atau video terkaman buaya. Foto: Dok BE

ilustrasi stop kirim gambar atau video terkaman buaya. Foto: Dok BE

Masyarakat Harus Pahami UU ITE

iklan swissbell

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Beltim, Hartoyo menghimbau pengguna sosial media tidak mudah meneruskan informasi yang mengandung kekerasan walaupun dengan maksud keterbukaan informasi publik. Hal tersebut dikatakan Hartoyo pasca beredarnya foto-foto korban terkaman buaya di Sungai Lenggang beberapa waktu lalu.

“Saya menghimbau masyarakat bijak bermedia sosial. Tolong pikirkan psikologis keluarga korban meskipun kejadiannya benar-benar ada. Kadang-kadang foto yang disebar terlalu vulgar,” ujar Hartoyo saat ditemui Belitong Ekspres, Senin (24/6).

Menurut Hartoyo, masyarakat juga harus paham bahwa ada Undang-Undang ITE yang menjadi rambu-rambu dalam menjelajahi dunia maya. Sebab itu, Hartoyo berpesan agar pengguna media sosial bersikap bijak sebelum mengupload atau membagikan konten.

“Meskipun di dunia maya kita tidak saling bertemu langsung, namun adab dalam berkomunikasi tetap harus dijaga,” harapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Beltim Burhanudin sempat mengungkapkan rasa prihatin akibat menyebarnya foto-foto korban terkaman buaya di Sungai Lenggang. Tanpa bermaksud menuding siapa yang bersalah, namun penyebaran foto-foto yang kurang pantas bukanlah sesuatu yang baik.

“Saya setuju jika foto-foto seperti itu tidak tersebar di media sosial. Kurang baguslah efeknya, keluarga yang ditinggalkan juga akan tertekan secara psikologis,” kata Wabup. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: