banner 728x90

Disparekraf Dorong Kemajuan Desa Wisata

*Bakal Diperkuat dengan Sinergi Antar Instansi di Pemkab Belitung

launching-desa-wisata-terong-adv

Masyarakat Desa Wisata Terong memberikan kenang-kenangan kepada tamu undangan yang hadir seperti Bupati Sahani Saleh, Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pengembangan Masyarakat Kemenpar RI Oneng Setya Harini, Kepala Disparekraf Belitung Hermanto, Camat Sijuk Abdul Hadi dan Kades Terong Suhaimi.

SIJUK-Desa Wisata “Kreatif” Terong, Kecamatan Sijuk, Belitung, telah resmi melaksanakan soft launching (peluncuran awal) 17 Desember 2016. Desa wisata yang telah dirintis tiga tahun terakhir itu, kini terus berbenah untuk bisa menjadi kawasan destinasi (tujuan) wisata unggulan berbasis kemasyarakatan.

Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) tak henti-hentinya mendorong dan mendukung masyarakat Desa Terong dan kelompok pemberdayaan masyarakat untuk fokus menggarap sektor pariwisata.

Sejumlah instansi lain di Pemerintah Kabupaten Belitung pun juga menyatakan siap mendukung dan bersinergi demi suksesnya Desa Wisata Terong. Bahkan, Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos juga seribu persen menyatakan dukungan pada tumbuh kembangnya Desa Wisata Terong. Bupati sempat meresmikan Desa Wisata Terong dengan melakukan pemukulan Gong.

Dukungan dan pendampingan juga terus dilakukan lembaga percepatan pengembangan tata kelola destinasi pariwiasta yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata, yakni Local Work Group Destinastion Management Organization (LWG-DMO). Lembaga independen mitra pemerintah ini biasa juga disebut Kelompok Kerja Lokal Pariwisata (KKLP).

Dalam acara soft launching di lokasi wisata Aik Rusa Berehun (ARB), Sabtu (17/12) malam, Bupati menyampaikan rasa bangga atas peluncuran awal Dea Wisata “Kreatif” Terong. “Pemerintah mencanangkan kebijakan setiap desa memiliki satu destinasi pariwisata, sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata RI. Tujuannya, agar masyarakat bisa berperan aktif membangun pariwisata dengan kreatifitas yang dimiliki untuk mengelolanya,” kata Bupati.

Soft launching juga dihadiri Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pengembangan Masyarakat Kemenpar RI Oneng Setya Harini, Kepala Disparekraf Hermanto, Camat Sijuk Abdul Hadi, Ketua LWG DMO Iswandi, Budayawan Fithrorozi, Ketua Kelompok ARB Zubir, Kades Terong Suhaimi, Kades Keciput Aryandi, Kades Tanjungtinggi Susandi dan dan sejumlah tamu undangan lainnya. Selain itu ada dua rombongan wisnus dari Jakarta yang ikut memeriahkan kegiatan.

Kepala Disparekraf Kabupaten Belitung Ir Hermanto memberikan apresiasi pada masyarakat Desa Terong. Masyarakat dinilai mampu menunjukkan jati dirinya dengan telah mampu menjadi desa wisata. Ini berkat kerjasama yang sangat solid dengan segenap komponen yang ada. “Semua bahu-membahu dan telah kita lihat hasilnya, bahwa ketika kita bekerjasama kita bisa. Saya harap kerjasama yang telah terjalin tetap terbina,” kata Hermanto.

Sementara itu, Oneng Setya Harini berharap, masyarakat bisa menjadi tuan rumah yang baik, terlebih dengan kedatangan wisatawan mancanegara yang ditargetkan mencapai 500 ribu di Belitung hingga tahun 2019. Menurutnya, masyarakat harus siap secara mental untuk menjadi tuan rumah yang baik. Yang lebih penting lagi, masyarakat siap mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada. “Jadi jangan kita yang mengikuti budaya wisatawan mancanegara. Justru bagaimana kita harus pandai memperkenalkan budaya-budaya kita,” pesannya.

Empat destinasi yang dikembangkan yakni pertama, Bukit Tebalu Simpor Laki (BTSL) produk wisata alam perbukitan batu granit menawarkan wisata hiking dan bumi perkemahan. Kedua, Air Rusa Berehun (ARB) wisata kolam eks tambang timah dilengkapi pondok-pondok dengan suasana rileks, didukung kuliner khas lokal Terong dan pertunjukan seni budaya.

Lantas, ketiga, destinasi agrowisata perkebunan sayur dengan produk wisata edukatif untuk pelajar. Keempat, wisata hutan mangrove dan pantai. Sub destinasi lain yang ditawarkan yakni; nyungkor, nyumek, ngeremis, mancing bebanjor, nyulo, mukat, dan belajar nganyam.(mg3/adv)

Related Search

Tags:
author

Author: