banner 728x90

Disparta Fasilitasi Dukung Kerja LWG DMO

foto-DMO

Suasana kegiatan fasilitasi LWG DMO Belitung, Kamis (27/7) kemarin.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Berbagai program terus dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Belitung dalam memajukan pariwisata di Negeri Laskar Pelangi. Salah satunya dengan melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan fasilitasi LWG (lokal working group) DMO (Destination Management Organization) Belitung, Kamis (27/7) kemarin.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk ini, diikuti oleh peserta dari LWG-DMO Belitung, Pokdarwis Tanjung Tinggi dan Komunitas Bakau Labunaji (Kebal).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu fasilitasi untuk mendukung kerja LWG (lokal working group) DMO (Destination Management Organization) khususnya dalam penguatan kapasitas masyarakat dan ke lembagaannya.

“Hal ini menjadi penting sebagai komponen dasar terbentuknya pariwisata berbasis masyarakat (CBT/Comunity Based Tourism),” ujar Hermanto.

Oleh sebab itu kata Hermanto, untuk bisa bergerak maju maka kelompok masyarakat dan perangkat di desa harus mampu mengidentifikasi berbagai potensi dan permasalahan yang ada.

Mereka juga harus membuat alternatif pemanfaatan potensi dan solusi penyelesaian masalah, termasuk di dalamnya kemampuan untuk bekerjasama dan bersinergi dengan pemangku peran ke pariwisataan lainnya.

Hermanto berharap, dengan kegiatan ini dapat menambah spirit dan wawasan teman-teman pelaku wisata di desa tanjung tinggi untuk mendukung kemajuan pariwisata Belitung sesuai dengan program pemerintah satu desa satu destinasi wisata.

“Mari bersama-sama kita sukseskan dan dukung pariwisata belitung menjadi jauh lebih hebat lagi dan masyarakat belitung harus ikut serta berperan aktif di dalam nya,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala Desa Tanjung Tinggi Susandi mengatakan, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas Pariwisata Kabupaten Belitung dalam mendorong para pelaku wisata yang ada di Desa Tanjung Tinggi.
“Kami sangat mendukung sekali, dan kami siap mensukseskan Pariwisata Belitung bersama-sama, sebab masyarakat tidak boleh hanya jadi penonton tetapi, harus ikut di dalamnya,” tukasnya,”
Hadir dalam acara ini M. Robbith dari STP Bandung, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto, Kades Tanjung Tinggi Susandi, Ketua LWG-DMO Belitung Iswandi dan para pelaku wisata lainnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: