banner 728x90

Disparta Perkuat Jejaring Antar Unsur Penta Helix

banner 468x60

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Guna Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Belitung, Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Belitung menggelar pertemuan dengan para Stakeholder (pemangku kepentingan,red), Kamis (14/9). Stakeholder Meeting itu, bertujuan dalam rangka Konsolidasi Pendampingan Desa Wisata dan Atraksi Wisata Berbasis Masyarakat.

Kegiatan yang digelar di BW Suite Hotel itu, dihadiri Kabid Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata RI Widayanti Bandia, Kepala Dinas Pariwisata Belitung Hermanto, Ketua LWG-DMO Iswandi, dan perwakilan pengurus desa wisata se Kabupaten Belitung. Hadir pula perwakilan PT Timah, PT PLN, dan BUMD PT Belitong Mandiri.

banner 300x250

Pada kesempatan tersebut dilakukan pembahasan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari setiap sektor usaha. Itu dilakukan untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan desa wisata, Pokdarwis, atraksi wisata berbasis masyarakat guna pengembangan sektor kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata Belitung Hermanto mengatakan, kegiatan ini pada intinya adalah untuk penguatan jejaring antar unsur penta helix dalam pembangunan kepariwisataan.

“Dalam kegiatan ini kita lebih difokuskan jejaring antara desa wisata, Pokdarwis, kelompok masyarakat pengelola kawasan wisata dengan pelaku usaha, badan usaha, khususnya BUMN dan BUMD,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sebagaimana diketahui bahwa pelaku usaha atau dunia usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan memiliki kewajiban untuk melaksanakan CSR.

Nah kaitan dengan hal ini, karena Kabupaten Belitung sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan kepariwisataan. Salah satunya adalah dengan menumbuh kembangkan obyek wisata yang berbasis masyarakat.

“Maka akan sangat tepat apabila program CSR yang dilaksanakan oleh badan usaha ditujukan juga untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan desa wisata, Pokdarwis, kelompok masyarakat guna pengembangan sektor kepariwisataan,” kata Hermanto. (rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: