banner 728x90

DKP Ancam Bakar Kapal Sitaan

banner 468x60

*Dinilai Ganggu Optimalisasi Pelabuhan, Alternatif Dijadikan Rumpon

foto A- 2 kapal mangkrak akan dibakar dkp - Copy

Foto A: ade/be
BAKAR ATAU RUMPON: Suasana pelabuhan DKP, nampak dua kapal yang “mangkrak” menghambat operasi pelabuhan.

banner 300x250

TANJUNGPANDAN-Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung Destika Effenly nampaknya sudah habis kesabaran. Pasalnya, rencana DKP uhntuk mengoptimalkan pelabuhan nelayan tepat di belakang Kantor DKP, terkendala soal pendangkalan. Yang lebih menjengkelkan, ada dua kapal “rongsok” yang mangkrak tepat di depan pelabuan. Karena itu, DKP mengancam akan membakar dua kapal yang mesinnya sudah diambil oleh pemiliknya tersebut.
Menurut Destika, pelabuhan yang diperutnukkan bagi nelayan tersebut sejak dibangun tidak efektif fungsinya. Ada dua kendala, pertama pelabuhan itu sedikit demi sedikit dangkal karena ada pertemuan arus. Lalu ada dua kapal sitaan yang telah dilelang, tapi tidak diambil pemiliknya.
DKP rencananya akan melakukan pengerukan bagian pelabuhan yang dangkal. Ia mencoba mengusulkan melalui dana APBD atau APBN. “Ada rencana kita untuk pengerukan bagian belakang,” ujar Destika di ruang kerjanya, Kamis (13/8) kemarin.
Cuma,  yang masih terkendala adalah adanya kapal hasil sitaan. Kapal tersebut nongkrong menghambat pelabuhan. “Kalau kita ingin membuang takut dikomplin orang. Sementara kita tidak tahu orangnya,” kata Destika.
Langkah tegas ia memberi waktu paling sebulan, kalau tidak pemda akan membuat kebijakan. “Apalah nanti kita buang atau dengan cara dibakar atau ditarik untuk rumpon,” kata dia.
Sementara Kepala Bidang Perikanan Tangkap Firdaus Idamsyah mengatakan, dua kapal yang tertambat merupakan barang sitaan. Saat ini posisi kapal sudah punya pemilik berdasarkan lelang. “Itu kapal hasil tindak pindana yang diproses Pol Air, disita dan sudah dilelang,” kata dia.
Pemiliknya orang Tanjungpinang. Sudah beberapa kali disurati, namun suratnya kembali lagi alias tak sampai ke alamat. Sang pemilik pemenenag lelang hanya mengambil mesin kapal . (ade)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: